Sabtu, 20 Juli 2013

Selebritis Coffee, Kafe Kopi Selebritas

TEMPO.CO, Jakarta - Di tengah industri musik sedang lesu, penjualan fisik album dan ring back tone sedang turun, ada peluang baru bagi penyanyi atau artis untuk menjadi pengusaha di kafe kopi, namanya Selebritis Coffee.

Ini diawali dari ide Sujana, penggiat artis manajemen yang pernah mempopulerkan band Zivilia, Duo T2, Kangen Band, Hello Band dan Wali Band. Wajah aktris Nova Soraya menjadi daya tarik di kafe ini sekaligus juga bergabung dalam kemitraan.

Pria yang mengawali karirnya menjadi jurnalis ini kini menggagas pendirian kedai kopi Selebritis untuk tempat nongkrong. Selain menikmati kopi, hang out, bertemu klien atau teman dan menjadi tempat untuk bersantai sambil berselancar internet.

Lelaki kelahiran 1970 ini mulai mencermati gaya hidup nongkrong di kedai kopi dengan membuat konsep kedai kopi berbeda. Namanya, Selebritis Coffee di Cibubur Indah Jalan Jambore Raya, Jakarta Timur.

"Kenapa saya pilih lokasi pinggir Jakarta karena selama ini kedai kopi berada di perkotaan. Penikmat kopi ada dimana-mana, termasuk daerah pinggiran" alasan Jana.

Awalnya, ia mengajak investor dan kalangan selebritas dengan menjalankan kedai kopi melalui pola kemitraan. Kemitraan usaha dengan pola tersebut memberikan keuntungan bersama,  65 % kepada pemilik modal (investor), 25 % untuk pemilik brand dan 15 % untuk artis ditunjuk investor sebagai ikon kedai kopinya. Untuk modal awal investor Rp 500 juta dalam waktu setahun untuk impasnya (break even point).

Menurut Jana, dari gaya hidup maka bisnis ini akan menguntungkan. Ada tiga faktor yang bisa unik, menarik dan menguntungkan. Sosok selebritas menjadi magnet tersendiri," Sekaligus menjadi hal berbeda dari kedai kopi lain selama ini," katanya. Karena selebritas  yang dipilih dalam kemitraan usaha ini tidak hanya menjadi ikon tetapi juga pihak marketing kedai.

Kafe pertama di Cibubur ini mendapat respon cukup baik. Terutama menu unik seperti kopi durian. Kopi panas atau dingin dicampur durian dengan bijinya. "Rasanya unik. Menu menarik buat pecinta durian dan kopi," kata Bagus Irawan pengunjung yang mencicipi kopi durian seharga Rp 30 ribu itu.

Harga minuman terjangkau mulai dari kopi ekspreso Rp 15 ribu, hazelnut Rp 25 ribu dan caramel kopi Rp 28 ribu. "Di saat pengunjung sepi saja omsetnya sehari Rp 1 juta," ungkap Jana.

Tentang kopi durian, barista di kafe ini, Ade C. Hamzah yang pernah menjadi barista di kedai kopi terkenal mengatakan, kopi durian ini sebenarnya sudah ada dalam minuman khas masyarakat Sumatera Utara.

"Di kedai kopi daerah daerah," katanya. Minuman ini sengaja tidak memasukkan gula karena rasa manis sudah ada dari susu kental manis dan durian. Selain itu ada strawberry latte yang menurutnya lebih catchy.

Ke depan, sudah ada investor dari Bandung dan Pekan Baru yang minat mendirikan kafe ini. "Masih dalam proses," kata Jana.

EVIETA FADJAR

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/20/108498150/Selebritis-Coffee-Kafe-Kopi-Selebritas