Selasa, 09 Juli 2013

Salmon Lebih Sehat Dimakan Mentah


Kompas.com - Salmon dan lemak ikannya sangat terkenal karena selalu disebut-sebut dalam bahan pangan yang menyehatkan. Rutin mengonsumsi ikan salmon yang kaya akan omega-3 diketahui sangat baik menjaga kesehatan jantung.

Selain kandungan asam lemak omega-3, salmon merupakan sumber protein yang kaya mineral dan beberapa jenis vitamin. Nutrisi yang sangat berguna tersebut juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

Kandungan gizi yang tinggi dari salmon tersebut berasal dari plankton dan ganggang yang menjadi sumber makanan ikan sub tropis ini.

Agar kandungan asam lemak dan nutrisi lain tidak rusak, salmon harus diolah secara benar. Menurut Rita Ramayulis, M.Kes, ahli gizi, sebenarnya cara terbaik untuk mengonsumsi salmon adalah dengan dimakan mentah.

"Tidak perlu takut mengonsumsi salmon mentah karena setelah ditangkap ikan ini langsung dibuang isi perut dan insangnya," katanya dalam acara talkshow Fakta Gizi dan Manfaat Ikan Salmon yang diadakan oleh Sushi Tei dan Norwegian Seafood Council di Jakarta (6/7/13).

Salmon mentah misalnya bisa diolah menjadi sushi, lumpia, atau ditumis. "Kalau tidak suka dengan ikan mentah, boleh ditumis dengan minyak sedikit," imbuhnya.

Rita menjelaskan, pemasakan dengan suhu terlalu tinggi bisa mengurangi kadar omega-3 dan meningkatkan kadar lemak jenuhnya.

"Penelitian menunjukkan, salmon yang digoreng atau direbus beberapa menit kadar omega-3 nya berkurang sampai 14 persen," katanya.

Untuk salmon yang akan dikonsumsi mentah sebaiknya pilih salmon yang segar dan tidak berbau anyir. Pilih ikan salmon yang matanya terlihat bersinar dan jernih dengan insang berwarna kemerahan. Potongan daging ikan haruslah kenyal, lembab, dan berwarna cerah.

"Daging salmon yang berwarna merah muda menunjukkan kadar omega-3 yang tinggi. Daging yang sudah berwarna kecokelatan, misalnya karena digoreng, kadar omega-3 nya sudah berkurang," katanya.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/09/1138555/Salmon.Lebih.Sehat.Dimakan.Mentah