Selasa, 09 Juli 2013

Rutin Renang Bebaskan Risiko Penyakit Jantung

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Senin, 8 Juli 2013 23:05 wib

detail berita

Berenang (Foto: Digitalnewsroom)

PENYAKIT jantung merupakan penyakit yang menyumbang kematian terbanyak di Indonesia. Namun, Anda tak usah cemas, asal Anda mau berolaharaga secara teratur risiko itu bisa Anda hindari.

Olahraga memang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang tak hanya menyehatkan, tapi juga bisa menjauhkan Anda dari penyakit jantung. Di bawah ini ada beberapa olahraga yang membantu menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung, seperti dilansir Healthmeup.

Yoga

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil bila seseorang rutin melakukan yoga, antara lain menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres dan kecemasan Anda.

Olahraga angkat beban

Latihan beban bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol dan membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bisa terjadi karena olahraga angkat beban bisa meningkatkan jaringan otot dan mengurangi sel-sel lemak dalam tubuh. Selain itu, olahraga ini  juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda untuk membantu memertahankan berat badan yang sehat.

Berenang

Berenang adalah salah satu cara yang bisa menjauhkan dari risiko penyakit jantung. Hal ini karena air memberikan resistensi (perlawanan) multi arah yang akan meningkatkan denyut jantung saat seseorang rutin berenang.

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga kardiovaskular lain yang sudah diketahui dapat mencegah seorang mengalami penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena saat seorang bersepeda jantung mereka terus memompa. Sehingga dapat terus menjaga kesehatan jantung dan mengencangkan tubuh bagian bawah serta otot inti Anda. (ind)

  • Trik Murah Meriah Sehatkan Jantung
  • Si Hijau Pencegah Penyakit Jantung
  • Kunci Penting Cegah Penyakit Jantung
  • Tidur Cukup Hindarkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
  • Perbanyak Serat Bantu Turunkan Kolesterol

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/08/486/833856/rutin-renang-bebaskan-risiko-penyakit-jantung