Selasa, 23 Juli 2013

Beranda » » Ragam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Ponsel

Ragam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Ponsel

Oleh Bella Setyowati

Posted: 23/07/2013 20:15

TOPIK #ponsel #handphone #gangguan kesehatan

Ragam Gangguan Kesehatan Akibat Penggunaan Ponsel

(ankarascene.com)

Liputan6.com, Akhir-akhir ini banyak berita yang menginformasikan tentang bahaya handphone bagi kesehatan. Banyak pula yang menyoroti dampak radiasi yang dikeluarkan handphone terhadap otak kita. Tak hanya otak, organ tubuh lain pun dapat mengalami kerusakan bila kita sering menggunakan handphone seperti dikutip dari news.com.au, Senin (22/7/2013):

artikel terkait

Duh, Ponsel Bisa Bikin Jerawatan!

Duh, Ponsel Bisa Bikin Jerawatan!

• Merusak fungsi mata
Setelah Anda menatap layar handphone selama beberapa waktu, mata Anda mungkin terasa pedih. Pasti banyak dari Anda yang pernah mengalami hal ini. Mungkin, ini menjadi pertanda bahwa mata Anda kering dan bila dibiarkan akan menyebabkan peradangan dan infeksi pada mata Anda.

"Anak-anak yang menatap layar sepanjang hari bisa menjadi rabun saat mereka tumbuh dewasa," terang Mr. Allon Barsam, seorang ahli bedah dan konsultan penyakit mata di Luton & Dunstable University Hospital. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena ponsel bisa mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka panjang.

Untuk itu, Anda dapat memperbesar ukuran huruf pada ponsel Anda. Selain itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan ponsel dalam ruangan yang cukup terang dan tidak menggunakannya lebih dari 15 menit.

• Masalah pada tulang belakang
Penggunaan smartphone ternyata dapat mengubah postur tubuh kita, meskipun bentuknya tergolong kecil dan mudah untuk digunakan.

"Saya melihat banyak orang mengalami nyeri di leher atau bahu mereka. Hal itu dikarenakan kita cenderung menyodokkan kepala kita ke depan ketika kita membaca sesuatu di ponsel. Posisi ini akan meremukkan bagian atas tulang belakang dan mengkompres saraf yang naik ke kepala Anda. Hasilnya, Anda akan mengalami sakit kepala, lelah, dan kaku," ujar Kirsten Lorn, seorang fisioterapis. Ia juga menganjurkan Anda untuk melakukan latihan yang dapat memperpanjang otot leher Anda. Hal itu secara tidak langsung dapat memperbaiki postur tubuh.

• Rahang kendor
Penggunaan telepon genggam yang berlebihan dapat mengubah posisi rahang Anda.
"Semakin tua usia seseorang, elastisitas kulit ikut berkurang. Bila Anda menekuk leher Anda ke depan selama berjam-jam untuk melihat smartphone, hal itu memungkinkan adanya tarikan ke bawah yang lebih besar dari biasanya," kata Dr. Sam Bunting, seorang dokter kulit kosmetik. Anda dapat meminimalisir risiko ini dengan cara memegang telepon tepat di depan mata Anda, bukan di bawah permukaan dada.

• Merusak indera pendengaran
"Banyak handphone yang tidak cocok dengan kondisi telinga kita. Hal ini akan menyebabkan kebocoran suara dan kita merasa harus mengubah volume menjadi lebih besar. Bila itu terjadi, hal itu akan menimbulkan kebisingan dan menyebabkan gangguan pendengaran," terang Karen Finch, dari Hearing Care Centre di Ipswich. Anda harus mengatur tingkat suara serendah mungkin dan usahakan untuk tidak mendengar suara yang keluar dari handphone terlalu lama.

• Menganggu siklus tidur
Alat-alat elektronik, seperti komputer, laptop, tablet, dan ponsel cenderung mengeluarkan cahaya biru yang dapat mengganggu hormon alami, seperti melatonin, hormon yang membantu kita untuk tidur. Penelitian dari Mayo Clinic di Arizona menghimbau agar Anda melakukan pengaturan cahaya pada layar handphone dan memegangnya sekitar 14cm dari wajah. Hal itu dapat mengurangi potensi untuk menghambat tidur.

• Menimbulkan masalah pada kulit
Which? Magazine melakukan tes pada 30 ponsel dan menemukan bahwa rata-rata handset yang Anda gunakan memiliki kuman 18 kali lebih berbahaya dari pegangan shower yang ada di WC. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkannya dengan larutan garam supaya kuman dapat mati.

(Abd)

BERITA rekomendasi

  • 10 Kebodohan Duo Bomber Boston Sehingga Mudah Dilacak
  • Jokowi Putuskan Pemenang Tender Proyek MRT Siang Ini
  • Rafael Benitez Tuntut Skuatnya Main Bagus
  • Google Peringati Kelahiran Ratu Jazz Legendaris Ella Fitzgerald
  • Kostum yang Pas Buat Hiking Kala Cuaca Panas

artikel populer

  • Bocah 10 Tahun Tangkap Basah Ayah Sendiri Tengah ML dengan Ayam
  • Panggilan Tak Sengaja Bongkar Perselingkuhan
  • Bayi Lelaki , Anak Pertama dari Pangeran Wiliam-Kate Middleton
  • Orangtua Potong Kelamin Pria Agar Putrinya Tak Jadi Nikah
  • Hore, Pangeran William-Kate Middleton Punya Bayi Lelaki

Source : http://health.liputan6.com/read/646185/ragam-gangguan-kesehatan-akibat-penggunaan-ponsel