Senin, 15 Juli 2013

Pria Konsumsi Minyak Ikan Berisiko Kanker Prostat

INILAH.COM, Jakarta- Penelitian menemukan fakta bahwa pria yang secara teratur mengkonsumsi suplemen minyak ikan Omega-3 memiliki risiko 71% terkena kanker prostat.

Tim Ilmuwan dari AS dalam laporan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Insitute menemukan, bahwa minyak ikan berkontribusi dalam pembentukan tumor yang mengarah ke kanker prostat.

"Kami telah menunjukkan sekali lagi bahwa penggunaan suplemen gizi dapat berbahaya," kata Alan Kristal, peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center dan penulis senior seperti dilansir dari nydaily.

Para ilmuwan mengaku masih bingung mengapa Omega-3 memberi risiko lebih besar terkena kanker prostat.

Sementara penelitian di Eropa juga menemukan hal yang sama bahwa Omega-3 berkaitan dengan kanker prostat.

"Konsistensi temuan ini menunjukkan bahwa asam lemak yang terlibat dalam tumorigenesis prostat dan rekomendasi untuk meningkatkan Omega 3-asupan asam lemak rantai panjang, khususnya melalui suplemen, harus dipertimbangkan risiko potensialnya," kata penelitian di AS.

Perbedaan dalam konsentrasi darah pada asam lemak Omega-3 antara yang tertinggi dan kelompok terendah adalah sekitar 2,5% (3,2% vs 5,7%), atau lebih tinggi dari efek makan salmon dua kali seminggu, kata Kristal. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2010363/pria-konsumsi-minyak-ikan-berisiko-kanker-prostat