Jumat, 12 Juli 2013

Polusi Udara Penyebab Serangan Jantung

TEMPO.CO, London--Polusi udara bukan hanya dapat merusak paru-paru. Dalam penelitian yang dilakukan The Lancet pada 12 negara termasuk Inggris, Amerika, dan Cina, polusi udara juga dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.

Penyebab utama ditemukan pada kandungan racun pada gas hasil pembuangan yaitu karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang dibuang oleh kendaraan umum seperti bis, taksi dan truk besar yang masuk ke dalam paru-paru. Kemudian, dari paru-paru, karbon monoksida dan nitrogen dioksida masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan reaksi kimiawi yang bertentangan dengan tubuh.

Orang dengan lemah jantung dan sering terpapar polusi udara yang tinggal dekat atau berpergian di daerah padat, sangat beresiko tinggi terkena serangan jantung mendadak. Resiko serangan jantung semakin bertambah setiap harinya, sejak hari pertama terpapar polusi udara.

"Inggris memiliki masalah pencemaran udara cukup parah, terutama polusi udara yang berasal dari kemacetan di jalan," kata Alan Andrews dari kelompok Client Earth. "Sayangnya respon pemerintah lebih menyedihkan dari pada tidak berguna," tambahnya.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara di kota sudah membunuh setidaknya 1,3 miliar manusia di seluruh dunia setiap tahunnya. Inggris memperkirakan 30 ribu warganya meninggal setiap tahun karena polusi udara. Polusi udara juga penyebab utama kambuhnya penyakit asma dan penyakit paru lainnya. Polusi udara juga menyebabkan penyakit berat lainnya seperti kanker dan kelainan jantung.

Kepala Staf Kesehatan Inggris bahkan dalam laporan tahunannya menyebutkan, bahwa polusi udara menjadi pembunuh nomor 10 penyebab kematian utama warga Inggris. Dokter Anoop Sahh yang menangani perawatan penyakit akibat polusi udara menyebutkan, bila polusi udara dapat diatasi sedikit saja, maka dapat mengurangi beban negara mensubsidi 8 ribu rumah sakit yang menerima pasien dengan penyakit yang diakibatkan polusi udara.

CHETA NILAWATY | BBC

Topik Terhangat:
Ramadan| Bursa Capres 2014| Ribut Kabut Asap| Tarif Progresif KRL| Bencana Aceh

Baca juga:
Billy Simpson Tak Menyesal Jadi Orang Indonesia
Pria Ini Ditangkap Karena Mengancam Taylor Swift
Adipati Dolken Nikmati Syuting Panas
Metallica Bawa Peralatan 60 Ton ke Jakarta

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/12/060495675/Polusi-Udara-Penyebab-Serangan-Jantung