Sabtu, 06 Juli 2013

Perut Kotak dengan Bola Bulat

TEMPO.CO, Jakarta -Bola fitness atau gym ball kini mulai banyak digunakan sebagai alat kebugaran atau juga pembentuk tubuh. Selain sederhana, bola fitness mempunyai lebih banyak fungsi untuk melatih otot-otot tubuh.

Salah satu latihan yang bisa kita lakukan adalah untuk melatih otot perut. Menurut instruktur pribadi (personal trainer) AFAS, Dionisius Henry, melatih otot perut dengan gym ball memberikan manfaat yang lebih maksimal dibanding alat kebugaran lainnya."Hasilnya jauh lebih efektif," katanya.

Dengan bola tersebut, seluruh bagian otot perut bekerja bersamaan. Bentuknya yang berupa bola akan memberikan ketidakstabilan pada otot-otot perut, sehingga memaksa semua otot ikut bergerak, dari otot bagian depan, perut samping, tulang punggung, hingga otot-otot yang mengelilingi perut.

Dengan memanfaatkan bola tersebut pula, kita bisa memperoleh jenis perut kotak-kotak alias six packs yang menjadi idaman banyak pria. Menurut Henry, untuk memperoleh perut kotak-kotak, terdapat dua model latihan dasar, yakni crunch (rebahan di atas bola), atau plank (push-up dengan tangan bertumpu pada bola dan kaki di lantai, atau dibalik posisinya).

Dari dua latihan dasar itu, kita bisa melakukannya dengan dinamis, yakni tubuh bergerak, seperti melakukan gerakan sit-up dengan bertumpu pada bola. Atau tanpa disertai gerakan, yakni dengan menjaga keseimbangan tubuh di atas bola."Menahan keseimbangan saja sebenarnya tidak mudah," ucapnya.

Karena itu, untuk para pemula, Henry menyarankan agar saat melakukan latihan dengan bola, cukup dengan melatih keseimbangan di atas bola.

"Dengan menahan saja, otot-otot perut sudah bekerja," tuturnya. Menjaga keseimbangan selama 10 detik pun sudah cukup.

Menurut Henry, yang dipentingkan dalam latihan dengan menggunakan gym ball adalah ketepatan gerakan, bukan seberapa banyak gerakan itu dilakukan. Sebab, dengan menggunakan bola yang mudah bergerak, gerakan tubuh menjadi tidak mudah.

IQBAL MUHTAROM
Topik Terhangat:

Tarif Progresif KRL | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | PKS Didepak?

Terpopuler:
Pengumuman SBMPTN Dimajukan 8 Juli
Ini Kronologi Jual-beli Tanah 'Wakaf' Hilmi
Keterangan Prajurit Kopassus Ucok Irasional
Fuad Bawazier Menentang Hanura Calonkan Hary Tanoe
Temuan Jenius di Balik Serial Lie to Me

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/05/060493845/Perut-Kotak-dengan-Bola-Bulat