Sabtu, 27 Juli 2013

Beranda » » Penyebab Kegagalan Operasi

Penyebab Kegagalan Operasi

Penyebab Kegagalan Operasi

Para dokter spesialis bedah melakukan operasi face off pada wajah Siti Nurjazilah, di ruang operasi Gedung Bedah Pusat Terpadu, Rumah Sakit Umum dr Sutomo, Surabaya, Rabu (27/2). Operasi ini bersifat sebagai koreksi atas operasi sebelumnya, untuk membantu Lisa lebih nyaman membaur dengan masyarakat. TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, London - Masalah teknologi maupun peralatan menjadi satu dari empat penyebab kesalahan di ruang operasi. Melakukan pengecekan peralatan sebelum dilangsungkannya operasi, bisa mencegah terjadinya kesalahan tersebut, demikian diungkapkan sebuah hasil penelitian terbaru.

Dikatakan para ilmuwan bahwa pengecekan perlengkapan operasi sebelum operasi dilakukan, penggunaan peralatan dan melatih staf untuk menggunakan alat-alat tersebut, bisa membantu menurunkan kesalahan, hingga 50 persen,

Sekitar 15 kesalahan terjadi dalam satu jenis operasi, ungkap para ilmuwan seperti dipublikasikan di jurnal BMJ Quality & Safety edisi 25 Juli 2013. Kesalahan peralatan tercatat sekitar 24 persen dari total kesalahan tersebut. Hasil ini menunjukkan bahwa masalah perlengkapan menjadi masalah substansial dalam semua kesalahan yang terjadi di ruang operasi.

Operasi yang bersandar secara penuh pada teknologi seperti operasi jantung, mempunyai tingkat masalah yang lebih tinggi dibandingkan dengan operasi jenis lainnya.

"Ada manfaat yang jelas dalam penggunaan sistem checklist untuk persiapan operasi, sehingga kesalahan akibat penggunaan peralatan yang keliru bisa diturunkan," ujar para peneliti. Mereka merekomendasikan pengecekan peralatan menjadi hal yang rutin dilakukan dan termasuk dalam World Health Organization Surgical Safety Checklist saat ini.

Dalam penelitiannya para periset mengkategorikan masalah peralatan ini menjadi tiga grup: kurangnya kemampuan dalam menggunakan peralatan yang dibutuhkan mencapai 37 persen; masalah dengan konfigurasi peralatan dan setingnya sebanyak 44 persen dari kasus yang terjadi akibat tidak berfungsinya peralatan jumlahnya 33 persen.

"Peningkatan penggunaan teknologi dalam semua operasi spesialis kemungkinan meningkatkan kompleksitas dari proses operasi dan kemungkinan mewakili peningkatan kecenderungan untuk terjadinya kesalahan penggunaan alat," kata peneliti. Hasil riset sebelumnya menunjukkan bawa kesalahan medis mempengaruhi 13 sampai 16 persen pasien.

LIVE SCIENCE | ARBA'IYAH SATRIANI

Berita Lain:
Majalah yang Mengkritik Penampilan Kate Dikecam 
3 Mitos Tidur yang Terpatahkan 
Pakai Ponsel Berlebihan, Ganggu Struktur Badan
Perempuan Tinggi Lebih Rentan Terserang Kanker
'Under The Sea' Koleksi Anyar Feronica Kristoofer  

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/27/060500206/Penyebab-Kegagalan-Operasi