Rabu, 10 Juli 2013

Penyakit yang Sering Terjadi Ketika Sedang Berpuasa

Penyakit yang Sering Terjadi Ketika Sedang Berpuasa

(musicnewsnashville.com)

Liputan6.com, Jakarta : Di beberapa penelitian memang telah disebutkan, berpuasa dapat membuat orang yang melaksanakan menjadi sehat. Tapi, tak jarang sebagian orang justru mengalami kesakitan ketika berpuasa yang disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang sering terjadi di bulan Ramadan.

Di bawah ini, ada beberapa penyakit yang sering terjadi ketika berpuasa, yang berhasil dikumpulkan Liputan6.com, selasa (9/7/2013)

#1 Asam lambung

Penyakit asam lambung akan terjadi, ketika orang yang berpuasa langsung tidur, 30 menit setelah menjalani sahur.

Untuk itu, Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, menjelaskan, tidurlah 1 jam setelah sahur agar asam lambung tidak naik.

Jika memang ingin tidur beberapa menit setelah sahur, gunakanlah bantal tinggi, untuk menahan asam lambung dalam tubuh naik.

#2 Susah BAB

12 jam lebih orang yang berpuasa tidak mengonsumsi air mineral atau makanan berserat lainnya.

Makanya, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air mineral ketika berbuka dan jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, menuturkan, ketika seseorang kurang dalam mengonsumsi air dan kurang serat, akan membuat orang tersebut susah BAB, dan itu sangat berbahaya.

#3 Radang tenggorokan

Gorengan sering dipilih banyak orang yang berpuasa sebagai cemilan ketika waktu berbuka tiba.

Menurut Pakar Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, boleh saja orang yang berpuasa memilih gorengan sebagai cemilan ketika waktu berbuka puasa tiba, asalkan tidak terlalu banyak, 1 buah saja cukup.

Pasalnya, apabila terlalu banyak mengonsumsi gorengan ketika berbuka, akan merangsang tenggorokan menjadi sensitif, yang berujung pada radang tenggorokan.

#4 Dehidrasi

Cadangan cairan selama berpuasa berkurang drastis. Orang akan mengalami dehidrasi ketika orang tersebut memilih untuk berolahraga berat ketika sedang berpuasa.

Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr. Grace Tumbelaka, SpKO, sah-sah saja orang olahraga ketika berpuasa, asalkan dilakukan di ruang yang sejuk, agar tidak terlalu banyak berkeringat.

Karena, orang yang terlalu banyak berkeringat, akan membuatnya menjadi dehidrasi.

(Adt/Mel)

Source : http://health.liputan6.com/read/634525/penyakit-yang-sering-terjadi-ketika-sedang-berpuasa