Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Pentingnya Yoga untuk Narapidana

Pentingnya Yoga untuk Narapidana

SALAH satu manfaat dari latihan yoga adalah melatih kita tetap tenang ketika sedang lelah dan emosi. Lalu, bisakah aspek latihan yoga bermanfaat untuk mereka yang di penjara? Sebuah penelitian mengatakan, bisa.

Sebelumnya, jenis pelatihan dalam yoga tidak hanya memungkinkan emosi negatif kita lebih cepat reda, tetapi juga bisa mendorong kita untuk tidak bertindak impulsif atau spontan ketika marah dan takut

Selanjutnya, sebuah penelitian dalam 10 minggu terakhir yang didanai oleh the Prison Phoenix Trust, Oxford, England, memberikan kelas yoga di penjara. Kemudian, manfaat yoga bagi narapidana dinilai oleh seorang ahli psikolog.

Lebih lanjut, pemimpin studi, Dr. Amy Bilderbeck dan Dr. Miguel Farias dari Oxford University dan peneliti di Department of Experimental Psychology and Psychiatry, menemukan bahwa tahanan yang melakukan yoga selama 90 menit setiap minggu merasakan mood bagus mereka meningkat, mengalami penurunan stres, dan mampu mengendalikan diri mereka.

"Yoga mungkin tidak hanya menjadi cara untuk membantu narapidana mengurangi stres akibat penahanan mereka, tetapi juga dalam hal melawan godaan untuk mereka melakukan kejahatan kembali setelah keluar dari penjara,"ujar Dr Bilderbeck seperti dilansir Yogajournal.

Sementara Dr. Miguel Farias mengatakan, latihan yoga dan meditasi dapat bermanfaat bagi para narapidana dalam membuat keputusan yang lebih baik.

"Yoga dan meditasi juga membantu mereka lebih baik, membuat keputusan yang lebih baik, dan membangun kapasitas untuk berpikir sebelum bertindak. Semua hal tersebut penting dalam membangun kehidupan yang positif untuk mereka ketika kembali masyarakat,"ungkapnya.

Namun, Bilderbeck juga mengatakan, dengan melakukan latihan  yoga pada setiap minggunya, bukan berarti tiba-tiba akan mengubah suasana penjara menjadi tenang dan menghentikan agresi.

"Tetapi, hal ini merupakan opsi sederhana dan mungkin memiliki beberapa manfaat untuk kesejahteraan narapidana dan mungkin juga dapat membantu dalam mengelola beban masalah kesehatan mental narapidana di penjara," tambahnya. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/25/486/842469/pentingnya-yoga-untuk-narapidana