Jumat, 19 Juli 2013

Pentingnya Konsumsi dalam Asupan Harian

MENGONSUMSI ikan bagi anak-anak maupun dewasa sangat baik untuk kesehatan, terutama yang mengandung asam lemak omega-3, asam docosahexaenoic (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA). Apa pasal?

Menurut profesor Bruce J. Holub, Ph.D dari University of Guelph, Ontario, DHA dan EPA dapat mencegah atau meminimalkan efek gangguan inflamasi atau peradangan. Contohnya seperti, rheumatoid arthritis, meningkatkan kesehatan jantung, dan membatasi efek dari penyakit jantung.

Sementara, peneliti dari University of Oxford, Inggris, Alex Richardson, Ph.D menuturkan, DHA sangat diperlukan dan memiliki manfaat bagi sistem saraf manusia.

"Untuk anak-anak, memenuhi kebutuhan DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf otak,"ujar Alex Richardson, Ph.D, seperti dilansir Eurekalert.

Lebih lanjut, Richardson juga banyak mengutip dari penelitian yang menghubungkan rendahnya tingkat DHA pada anak-anak dan ibu hamil terhadap gangguan kognitif dan perilaku.

Dari hal itu, Richardson menemukan bahwa orang-orang Amerika rata-rata mengonsumsi 1,6 gram asam lemak omega-3 yang 0,2 gramnya (200 miligram) adalah DHA atau EPA. Kemudian ia juga nmencatat, The American Heart Association juga merekomendasikan 500 miligram DHA dan EPA setiap hari untuk orang dewasa yang sehat. Sedangkan untuk pasien penyakit koroner direkomendasikan 900 mg/hari atau 1 kali makan lemak ikan per hari.

Sementara itu, Richardson merekomendasikan 500 mg asam lemak omega-3 sehari untuk anak-anak. Sedangkan untuk wanita hamil direkomendasikan 1 gram per hari. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/18/486/839059/pentingnya-konsumsi-dalam-asupan-harian