Senin, 22 Juli 2013

Penderita Diabetes Jangan Berlebihan Makan Ini!

INILAH.COM, Jakarta- Penderita diabetes memiliki sejumlah larangan mengkonsumsi makanan yang dianggap bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuhnya.

Namun bukan berarti tak boleh mengkonsumsi makanan yang manis, penderita diabetes pun tetap memerlukan gula. Asalkan takarannya pas, tak berlebihan.

Mengutip boldsky, ini sejumlah bahan makanan yang sebaiknya tidak dimakan terlalu berlebihan bagi mereka yang menderita diabetes.

Kentang

Kentang memiliki kandungan gula tinggi, apalagi jika bentuknya sudah menjadi tepung. Itu sebabnya, Anda harus membatasi asupan kentang dalam bentuk apapun.

Singkong

Ini juga sama besarnya akan kandungan gula seperti pada kentang. Jadi sebaiknya jangan berlebihan mengonsumi makanan berbahan dasar singkong.

Kacang

Mereka memang tidak terlalu manis tapi ini akan berbahaya jika bentuknya menjadi tepung. Pilih tehnik pengolahan kacang yang tepat agar gula darah tidak meningkat setelah makan. Seperti kacang rebus atau panggang dan dalam porsi yang terbatas.

Labu kuning

Ini termasuk sayuran yang manis dan memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi. Jika Anda penderita diabetes, cobalah untuk tidak mengkonsumsinya terlalu sering.

Tomat

Tomat memang memiliki asam sitrat tetapi pada dasarnya buah sayuran ini bercita rasa manis. Cara terbaik adalah menghindari tomat mentah dalam salad dan gunakan hanya untuk memasak.

Jagung

Jagung pada dasarnya adalah sayuran manis, apalagi jika sudah berbentuk tepung. Jika Anda penderita diabetes coba hindari penggunaan terlalu sering.

Bunga Pisang

Bahkan bunga maupun batang pisang adalah sama manis seperti pisang itu sendiri.

Ubi jalar

Ubi memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi. Meskipun ubi jalar sehat, namun para penderita diabetes harus mengontrol pemakaiannya. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2012847/penderita-diabetes-jangan-berlebihan-makan-ini