Senin, 22 Juli 2013

Penderita Diabetes Berbuka Puasa Harus Makan Manis

INILAH.COM, Jakarta- Sama seperti yang memiliki penyakit maag atau lainnya, penderita diabetes pun bisa menjalani ibadah puasa dengan sehat.

Khususnya berkaitan dengan makanan manis, penderita diabetes tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis untuk berbuka. Namun takarannya tetap harus diperhatikan.

"Orang dengan diabetes pun tetap butuh gula, bukan berarti dia tidak butuh gula. Orang diabetes kan kadang-kadang gulanya naik cepet dan turunnya juga cepet. Kalau dia berpuasa sama, kadar gulanya juga turun, jadi ketika berbuka juga dianjurkan dengan makanan yang manis, yang mengandung gula," ujar dokter Fiastuti Witjaksono MS, SpGK, ahli gizi di Jakarta, baru-baru ini.

"Orang diabetes boleh mengkonsumsi gula tapi tetap tidak boleh berlebihan," katanya melanjutkan.

Dokter Fiastuti memberi catatan, kadar gula yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah 5-10% dari total kalori sehari.

"Jadi kalau misalnya kalorinya 1800, ini artinya gulanya 25- 50 gram sehari atau dua sampai lima sendok teh perhari. Walapun dianjurkan untuk makan yang manis ketika berbuka, tapi anjuran sampai 10 persen itu yang tetap harus dipegang," ujarnya.

Ini yang kemudian banyak tak diperhatikan bahkan oleh mereka yang tanpa penyakit gula sekalipun.

"Misalnya sudah minumnya teh manis, lalu makanan pembukanya kolak, ditambah es kelapa dengan sirup vanila misalnya, belum lagi ditambahan makanan yang mengandung karbohidrat lainnya," tandas dokter Fiastuti. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2012744/penderita-diabetes-berbuka-puasa-harus-makan-manis