Jumat, 05 Juli 2013

Pasangan Jarang Berdebat Panjang Umur!

INILAH.COM, Jakarta- Penelitian mengungkapkan bahwa pasangan yang jarang bertengkar lebih mungkin memiliki umur panjang.

Tim peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melakukan penelitian terhadap kehidupan pernikahan selama 20 tahun yang menemukan hasil bahwa pasangan jarang bertengkar memiliki kesehatan lebih baik. Ini memungkinkan mereka memiliki umur lebih panjang.

Sebaliknya, penelitian juga menemukan, masalah perdebatan yang umum terjadi dan memicu penurunan kesehatan adalah soal keuangan dan mertua.

Penelitian melibatkan 1.700 orang dewasa yang sudah menikah lebih dari dua dekade. Lalu mereka mengukur kesehatan, kebiasaan berdebat dan kualitas kebahagian hubungan mereka.

Hasilnya, pada pasangan yang jarang berdebat atau bertengkar memiliki kesehatan lebih baik karena sejumlah alasan.

Pertama, artinya mereka jarang menjadi stres sehingga pola tidur dan kualitas tidur mereka juga baik.

Kedua, mereka cenderung makan makanan sehat yang dimasak oleh pasangan di rumah.

Ketiga, mereka cenderung lebih banyak melakukan hal-hal bermanfaat bagi kesehatan secara bersama-sama. Seperti olahraga, kegiatan luar ruang yang bermanfaat lainnya.

"Studi ini juga menunjukkan pernikahan bahagia memiliki komponen pencegahan yang membuat Anda dalam kesehatan yang baik selama bertahun-tahun. Sementara pasangan sering berdebat harus mendapatkan bantuan profesional untuk mengurangi konflik mereka karena itu mempengaruhi kesehatan mereka," ujar pemimpin penelitian Rick Miller seperti dilansir dari dailymail. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2007063/pasangan-jarang-berdebat-panjang-umur