Sabtu, 27 Juli 2013

Beranda » » Pakai Ponsel Berlebihan, Ganggu Struktur Badan

Pakai Ponsel Berlebihan, Ganggu Struktur Badan

TEMPO.CO, Bedfordshire – Tingginya tingkat penggunaan ponsel tidak hanya merusak mata. Postur tubuh juga bisa berubah akibat seringnya kita menggunakan perangkat cerdas ini. Penggunaan ponsel yang berlebihan berisiko terjadinya gangguan pada tulang belakang dan postur rahang.

"Kita cenderung memajukan kepala kita saat tengah membaca sesuatu di ponsel atau tablet," ujar Kirsten Lord, seorang ahli fisioterapi, kepada Daily Mail, Senin, 22 Juli 2013. Posisi ini meremukkan bagian atas tulang belakang dan akan membuat tekanan ke kapala. Jadi, kepala akan terasa sakit dan punggung terasa lelah dan kaku.

Untuk itu, Lord menyarankan agar pengguna ponsel atau tablet menggunakan perangkat hands-free. Ini bisa membantu mengurangi tekanan pada otot. Selain itu, ia juga menyarankan untuk melakukan gerakan memperpanjang otot leher. Bayangkan ada sebuah penyekat di leher dan bayangkan tubuh jadi tertarik.

Tidak hanya mempengaruhi tulang belakang, penggunaan gadget secara berlebihan juga bisa mengubah postur rahang seseorang. Posisi menunduk saat menggunakan ponsel atau tablet akan menekuk leher. Hal ini membuat kulit halus tertarik ke bawah, sehingga akan mengubah postur rahang.

"Terjadi peningkatan pengenduran kulit wajah bagian bawah pada perempuan di usia 30-an," kata Dr Sam Bunting, seorang dokter kulit kosmetik. Pada usia 30-an, elastisitas kulit akan berkurang, sementara tekanan pada leher akibat menggunakan ponsel semakin bertambah. Sam menyarankan, cobalah untuk memegang telepon di depan wajah, bukan di bwah permukaan dada.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat:
Bayi Kate Middleton | Front Pembela Islam | FPI | Bisnis Yusuf Mansur | Aksi Chelsea di GBK | Daging Sapi Impor

Baca Juga:
Ada Jin Bermain Twitter?
KPK Tangkap Pengacara Kondang
Tweet Soal FPI, Fahira Idris: Saya Bukan Jubir
Kronologi Penangkapan Anak Buah Hotma Sitompul
Anggita Sari: Saya Ibarat Pemanis di Kasus Freddy

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/26/060499950/Pakai-Ponsel-Berlebihan-Ganggu-Struktur-Badan