Senin, 22 Juli 2013

Oscar Lawalata Menyukai KainTapis Lampung

TEMPO.CO, Jakarta -Oscar Lawalata memang memiliki minta dan perhatian tinggi terhadap kain Nusantara. Sebagai salah satu perancang ternama Indonesia, Oscar selalu mencari inspirasi terhadap kain-kain Indonesia. Pucuk cita ulampun tiba, kedekatan Oscar dengan Rumah Pesona Kain mendekatkan ke duanya menyajikan karya indah dengan menggunakan kain tapis lampung.

"Aku suka kain Indonesia, khusus kali ini bersama RPK aku menyajikan rancangan dengan kain tapis Lampung. Kain ini memang belum setenar batik, ulos atau songket. Tapi aku menyukai tapis Lampung karena memiliki keindahan tersendiri," kata Oscar yang ditemui Jumat, 19 Juli 2013 bersama RPK ambil bagian di perhelatan Gelar Batik Nusantara yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Oscar mengatakan melalui pembinaan yang dilakukan RPK dengan para pengrajin tapis Lampung sejak tahun 2005 adalah berupa pembinaan hulu yaitu produksi tenun dan sulam tapis, berupa pendampingan dalam hal ini motif dan pewarnaan.

"Adapun pembinaan hilir adalah promosi dan pemasaran dalam bentuk pameran dan peragaan busana dengan melibatkan kami-kami para perancang yang diharapkan bisa mengangkat popularitas tapis Lampung yang semakin meningkat juga kualitas dengan harga relatif terjangkau ke seluruh lapisan masyarakat," kata Oscar yang hari itu menyajikan gaya kebaya dari tapis Lampung berpadu dengan batik dan songket.

Dengan sentuhan khas Oscar Lawalata merancang setiap kebaya, baju kurung dan kemja berbahan tapis Lampung.

"Aku menyajikan gaya yang sepintas bisa dikenakan multi fungsi pada saat resmi dan acara santai. Bisa dikenakan untuk ke pesta, ke kantor bahkan untuk main, hang out atau berkunjung ke ke luarga, kerabat dan teman," kata Oscar.

Dengan bahan katun dan warna seperti coklat, salem, merah muda, putih, rancangan Oscar menjadi daya tarik tersendiri.

"Tapis Lampung akan memiliki selera atau respon yang bagus dari pasar. Apalagi untuk mendekatkan kaum muda yang siap dan berani mengenakannya sesuai dengan karakter dan kebutuhan mereka," kata Oscar.

HADRIANI P
Baca berita lain
Titiek Soeharto: Bapak Asuh untuk Memajukan Batik
Melalui Ibunya, Titiek Soeharto Mencintai Batik
Kreativitas Tanpa Batas Merdi Sihombing

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/21/110498325/Oscar-Lawalata-Menyukai-KainTapis-Lampung