Senin, 08 Juli 2013

Orang Inggris Modern Lebih Kaku

TEMPO.CO, London - Penduduk Inggris memiliki reputasi sebagai penggerutu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Skipton Building Society di Inggris mengungkapkan, ada 50 masalah yang dibenci oleh penduduk negeri tersebut dalam kehidupan modern saat ini. Studi yang dilakukan oleh peneliti Stacey Stothard ini melibatkan dua ribu orang dewasa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Dari hasil tersebut diketahui bahwa tekanan penjualan adalah hal yang paling mengganggu bagi 65 persen responden.

"Bersikap kaku, tertarik pada cuaca dan tidak bisa mengantre juga menjadi hal yang lazim,"  ungkap Stothard seperti dikutip oleh situs Telegraph edisi 7 Juli 2013.

Hanya saja, lanjut dia, ternyata hal yang paling menyebalkan dan dibenci oleh orang Inggris saat ini adalah perasaan tertekan untuk membeli sesuatu. Bersikap kaku, tertarik pada cuaca dan tidak bisa mengantre juga menjadi hal yang lazim.

Stothard mengatakan bahwa hal-hal tradisional seperti mendengarkan seseorang dan memperlakukan mereka sebagai individual sudah ditinggalkan dan digantikan dengan keinginan untuk memenuhi target penjualan dan membuat perusahaan mendapatkan keuntungan.

Hasil riset ini juga menunjukkan bahwa mobil-mobil yang dimiliki dan dikendarai secara umum, dianggap menyebalkan bagi kebanyakan orang Inggris. Hal yang mengesalkan saat mengemudi adalah terjebak di kemacetan, menemukan lubang di jalanan, dan masalah perparkiran.

Hal lain yang dirasakan mengganggu responden adalah masalah finansial seperti penawaran kartu kredit melalui telepon, adanya pengecekan data pribadi oleh pihak kantor pos, dan adanya penawaran langsung untuk direct debits. Separuh dari responden mengaku  kerapkali menghentikan rencana untuk mengunjungi suatu tempat karena di masa lalu pernah dipaksa untuk membeli sesuatu.

Teknologi modern yang di banyak sisi membuat kenyamanan ternyata juga bisa mengganggu ketenangan. Mematikan komputer sebelum menyimpan hasil pekerjaan, memprediksi teks di pesan pendek,  dan mendengar panggilan ponsel tetapi tak bisa menjawabnya, adalah hal-hal yang kerap mengganggu.

Sementara itu, seperlima dari responden juga mengaku bahwa mereka merasa terganggu jika membaca buku dan ada kesalahan ejaan sedangkan 15 persen lainnya merasa kesal karena mereka harus bercukur. Hal lain yang dirasa mengganggu adalah kehilangan remote control, kuku patah, ketinggalan kereta api, dan ditipu oleh sales person.

Selain itu, studi ini juga mengungkapkan bahwa rata-rata orang merasa terganggu dengan sesuatu di luar kontrol mereka hingga tujuh kali dalam sehari. "Untuk orang Inggris, masalah-masalah tersebut menyebabkan gangguan jangka pendek atau ketidaknyamanan jangka pendek," ujar Stothard.

TELEGRAPH | ARBA'IYAH SATRIANI

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/08/215494364/Orang-Inggris-Modern-Lebih-Kaku