Senin, 29 Juli 2013

Beranda » » Olahraga Kaki Demi Bentuk yang Indah

Olahraga Kaki Demi Bentuk yang Indah


KOMPAS.com - Seperti halnya tubuh secara keseluruhan, otot-otot di sekitar kaki juga perlu dilatih. Bagi perempuan yang gemar memakai sepatu hak tinggi, olahraga kaki dapat membantu meringankan rasa pegal dan nyeri di sekitar kaki.

Tak hanya itu, olahraga kaki juga memberikan manfaat lainnya seperti menguatkan otot-otot kaki, memperbaiki daya keseimbangan, hingga menjaga bentuknya tetap indah. Berikut cara melakukan olahraga kaki dari ahli bedah podiatrik asal New York Jacqueline Sutera.

- Toe grip (cengkraman kaki)
Bertujuan untuk menguatkan otot kaki dan memperbaiki keseimbangan.
Caranya, taruh kaus kaki di lantai dan gunakan kaki untuk mencengkram dan mengangkatnya. Tahan 10 detik, dan lepaskan. Ulangi sebanyak lima kali untuk setiap kaki.

- Toe extension (peregangan kaki)
Bertujuan untuk menguatkan dan menyangga otot, sehingga dapat menjaga tulang kaki.
Caranya, ikat karet gelang (atau benda elastis lain) di kelima jari kaki, kemudian regangkan jari-jari ke arah luar. Tahan 5 detik, dan lepaskan. Ulangi sebanyak lima kali untuk setiap kaki.

- Calf raise (naikkan betis)
Bertujuan untuk menguatkan kaki dan betis dan memperbaiki keseimbangan.
Berdirilah di dekat meja atau pintu dan berpeganglah pada benda-benda itu untuk menjaga keseimbangan Anda. Angkat satu kaki dan cobalah untuk berjinjit di kaki lainnya. Tahan selama 10 detik, dan turunkan kembali kaki. Ulangi 10 kali untuk setiap kaki.

- Calf stretch (peregangan betis)
Bertujuan untuk menjaga otot-otot betis tetap elastis.
Duduklah dengan satu kaki menjulur ke depan dan letakkan handuk di pergelangan kaki Anda. Tarik handuk dengan kaki perlahan hingga Anda merasakan adanya peregangan pada kaki dan betis. Tahan 10 detik, dan lepaskan. Ulangi sebanyak lima kali untuk setiap kaki.

Olahraga kaki ini bisa dilakukan setiap hari, pagi dan malam. Setelah melakukannya, Anda bisa memberikan pijatan pada kaki dengan bola golf beku. Caranya simpel, masukkan bola golf ke dalam freezer selama beberapa jam, kemudian gulirkan bola pada permukaan kaki selagi Anda duduk.
 
"Rasa dingin dan tekstur bola golf dapat mencapai hingga ke otot-otot kecil pada kaki sehingga memberikan Anda pijatan yang dalam," ujar Sutera.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/29/1350522/.Olahraga.Kaki.Demi.Bentuk.yang.Indah