Senin, 29 Juli 2013

Beranda » » Obat Darah Tinggi Kurangi Risiko Alzheimer

Obat Darah Tinggi Kurangi Risiko Alzheimer

TEMPO.CO, Ontario – Para dokter telah lama mengakui, obat tekanan darah tinggi dapat memperlambat penyakit Alzheimer. Senada dengan pernyataan dokter, peneliti telah menemukan bukti pertama bahwa obat tekanan darah tinggi, yang disebut inhibitor ACE, dapat meningkatkan kemampuan otak.

"Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena Alzheimer dan penyakit serupa. Namun, studi ini menemukan, memori dan kemampuan berpikir mereka jadi terlindungi akibat obat tekanan darah tinggi yang mereka konsumsi," tulis Daily Mail, Jumat, 26 Juli 2013.

Inhibitor ACE,termasuk ramipril, kaptopril dan perindopril, telah menjadi semakin populer dalam sepuluh tahun terakhir, terutama untuk pasien yang lebih muda. Dalam penelitian ini, para peneliti dari Universitas College Cork di Irlandia dan Universitas McMaster di Ontario, Kanada telah menemukan jalur biokimia yang disebut sistem renin angiotensin. Sistem ini diperkirakan dapat memengaruhi perkembangan Alzheimer.

Di sini, peneliti membandingkan tingkat penurunan kognitif pada 361 pasien yang didiagnosis dengan penyakit Alzheimer, demensia vaskuler (akibat masalah pasokan darah ke otak), atau campuran keduanya. Dari kelompok itu, 85 peserta telah mengonsumsi inhibitor ACE. Sementara sisanya, tidak. Para peneliti juga menganalisis dampak ini pada 30 pasien, dengan usia rata-rata 77 tahun, yang mengambil obat untuk pertama kalinya.

Selama 6 bulan, mereka dipantau dan dinilai dengan menggunakan tes Standardised Mini Mental State Examination or the Quick Mild Cognitive Impairment. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi inhibitor ACE memiliki penurunan kognitif yang lebih lambat dibandingkan dengan mereka yng tidak mengonsumsi inhibitor ACE. Ditambah lagi, kemampuan otak mereka juga membaik.

DAILY MAIL  | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat
Gempuran Buku Porno|
Anggita Sari | Bisnis Yusuf Mansur | Kursi Panas Kapolri | Bursa Capres 2014

Berita Lain:
Guardiola Tampar Pipi Thiago Alcantara
Rachell Dougall, Teman Ratu Narkoba Kerobokan?
Rachel Dougall: Saya Dikurung Seperti Binatang

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/29/060500454/Obat-Darah-Tinggi-Kurangi-Risiko-Alzheimer