Rabu, 17 Juli 2013

Musik Mampu Redam Rasa Sakit

TEMPO.CO, Alberta – Musik sudah banyak diakui mampu membangun suasana hati menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, para peneliti menemukan, ternyata musik juga mampu mengurangi rasa sakit di tubuh.

Peneliti dari Faculty of Medicine and Dentistry Universitas Alberta, Dr Lisa Hartling telah melakukan penelitian klinis pada 42 anak-anak berusia 3-11 tahun. Semua anak-anak ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit dan tentunya menggunakan infus. Beberapa dari mereka menggunakan infus sambil mendengarkan musik, sementara anak lainnya tidak mendengarkan musik.

Kemudian, peneliti mengukur tekanan yang dirasakan anak-anak, rasa sakit, dan juga detak jantungnya. Selain itu, tingkat kepuasan orang tua terjadap penyedia layanan musik juga dipertimbangkan.

"Tentu saja, anak-anak yang diinfus sambil mendengarkan musik lebih mampu meredam rasa sakitnya. Mereka hanya memiliki sedikit rasa sakit," ujar Dr. Hartling, seperti dikutip Daily Mail, Selasa, 16 Juli 2013. "Secara klinis, temuan ini sangat penting. Musik telah menjadi intervensi sederhana yang memiliki dampak luar biasa," katanya.

ANINGTIAS JATMIKA | DAILY MAIL

Terhangat:
Hambalang  | Bursa Capres 2014 | Liverpool di GBK


Berita terkait:

Survei Capres Tinggi, Jokowi: Sombong Dikit
Survei Cawapres, Jokowi Ungguli Kalla dan Hatta
Alasan Jokowi Disurvei Bukan sebagai Capres
Ical, Mega, dan Prabowo Kandidat Capres Terkuat

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/17/060497151/Musik-Mampu-Redam-Rasa-Sakit