Senin, 08 Juli 2013

Minuman Soda & Coklat Bisa Mendeteksi Tumor Ganas!

INILAH.COM, Jakarta- Minuman bersoda dan coklat yang memiliki kandungan gula tinggi ternyata dapat digunakan untuk mendeteksi dini kanker karena tumor ganas.

Penelitian menyebutkan hal ini dimungkinkan karena tumor ganas mengkonsumsi lebih banyak glukosa. Dengan menyesuaikan pemindai MRI, para peneliti dari Universitas College London menemukan tumor setelah sesuatu yang manis dikonsumsi.

Terobosan ini tentu memberikan alternatif yang lebih aman dan sederhana selain dengan alat pemindaian yang memiliki radiasi yang membahayakan.

"Hal ini dapat dilakukan setelah mengkonsumsi minuman manis, seperti cola atau jus buah, atau makanan. Kita dapat mendeteksi kanker menggunakan kandungan gula yang sama yang ditemukan dalam setengah bar coklat berukuran standar, " kata Penulis senior Profesor Mark Lythgoe, direktur Pusat UCL for Advanced Biomedical Imaging (CABI).

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, tim melacak tumor pada tikus dengan kanker usus. Metode ini juga telah diuji coba pada beberapa pasien kanker dengan tanda-tanda awal keberhasilan.

Berbeda dengan tehnik pemindaian yang membutuhkan suntikan, tehnik baru ini nyaris tanpa jarum suntik, "Anda bahkan tidak harus memberikan pasien suntikan, seperti makanan manis diserap begitu cepat, sehingga akan menjadi kabar baik bagi mereka yang tidak suka jarum, " kata Profesor Lythgoe.

Sementara dengan mesin pemindaian dapat merusak DNA dan kematian sel atau kerusakan sel namun melakukan pengecekan dengan glukosa ini tidak ada efek samping.

"Sehingga dapat dilakukan lebih sering. Jika seorang dokter ingin menindaklanjuti bagaimana kanker merespon pengobatan maka mereka dapat memindai tumor pada mingguan, atau bahkan setiap hari," katanya.

Peneliti utama Dr Simon Walker-Samuel, juga dari CABI, mengatakan teknik baru dikembangkan menggunakan gelombang radio untuk magnetis label glukosa dalam tubuh.

"Hal ini kemudian dapat dideteksi dalam tumor menggunakan teknik MRI konvensional, " katanya. "Ini murah, alternatif yang aman selain dari metode mendeteksi tumor yang sudah ada, yang memerlukan injeksi bahan radioaktif," tandasnya seperti dilansir dari dailymail.

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2007970/minuman-soda-coklat-bisa-mendeteksi-tumor-ganas