Sabtu, 27 Juli 2013

Beranda » » Minum Teh Jauhkan Risiko Penyakit Jantung

Minum Teh Jauhkan Risiko Penyakit Jantung

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat, salah satunya hanya dengan cara sederhana, minum teh.

Menurut sebuah penelitian, minum teh dapat membantu seseorang dalam menstabilkan tekanan darah. Para ahli mengatakan manfaat teh sebagian besar disebabkan oleh kandungan flavonoid, yaitu bahan antioksidan yang melawan penyakit kardiovaskular.

Menanggapi penelitian ini, Dr. Tim Bond dari Tea Advisory Panel (TAP) mencatat, tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko untuk jumlah dan mortalitas kardiovaskular. Biasanya, kadar tekanan darah disetarakan dengan risiko, tetapi kini variabilitas tekanan darah kini juga diduga turut berkontribusi terhadap risiko.

"Teh hitam dan unsur flavonoidnya semakin dihubungkan kemampuan dalam menurunkan tekanan darah dan kesehatan jantung," ujar Dr Tim Bond, seperti dilansir Femalefirst.

Ia menambahkan, penelitian terbaru ini berbeda, karena menilai pengaruh teh hitam pada variabilitas tekanan darah dibandingkan dengan tingkat tekanan darah. Penelitian ini merupakan percobaan selama 6 bulan, dimana 111 laki-laki dan perempuan mengonsumsi tiga cangkir teh hitam dan minum minuman mengandung kafein sebagai pembanding.

"Tingkat variasi tekanan darah dinilai pada 3 titik waktu, yaitu pada hari 1 dan 3, serta saat 6 bulan. Pada saat ini, konsumsi teh hitam menghasilkan tingkat yang lebih rendah variabilitas tekanan darah di malam hari. Efek tersebut terlihat pada hari ke-1, dan berkelanjutan selama 6 bulan,"jelas Dr. Tim Blond

Ia menambahkan, mengingat bahwa kandungan kafein dari dua minuman adalah sama, peningkatan dalam variabilitas tekanan darah akan muncul sebagai hasil dari komponen teh hitam, selain dari kandungan yang sama dari kafein. Hal ini kemungkinan adalah kandungan flavonoid yang telah dihubungkan dengan kesehatan jantung pada penelitian sebelumnya.

"Penelitian terbaru ini menunjukkan flavonoid yang merupakan kandungan di dalam teh hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Cukup dengan meminum teh empat cangkir atau lebih dalam sehari, Anda bisa memperoleh manfaat darinya," tutupnya. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/25/486/842493/minum-teh-jauhkan-risiko-penyakit-jantung