Kamis, 18 Juli 2013

Minum Segelas Air Bikin Otak Berpikir Cepat!

INILAH.COM, Jakarta - Penelitian mengungkapkan hanya minum segelas air sudah mampu membuat otak 14% lebih cepat bekerja, dan ini mempertajam daya pikir.

Para peneliti dari Universitas East London melakukan percobaan pada 34 pria dan wanita dengan sejumlah tes mental sebanyak dua kali. Yang pertama dilakukan setelah sarapan sereal yang kedua setelah minum air putih.

Di awal sebelum tes dimulai mereka ditanyai apakah mereka haus setelah tidak makan atau minum pada malam sebelumnya. Mereka yang mengatakan tidak haus memang cepat dalam menyelesaikan tes.

Namun dalam penelitian yang dipublikasikan pada Jurnal Frontiers, mereka yang mengaku haus dan setelah diberi minum ternyata 14% lebih cepat menyelesaikan test.

Terhadap hasil ini, peneliti berkesimpulan bahwa air membantu membebaskan bagian otak yang sibuk 'mengatakan' tubuh haus.

"Hasil ini konsisten dengan konsumsi air membebaskan sumber daya atensi yang haus. Hal ini tidak akan menyakiti Anda untuk minum air ketika Anda bekerja keras," kata Peneliti Caroline Edmonds.

Ia menambahkan, teh dan kopi juga akan membantu menangangi hidrasi.

Dr Edmonds sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak yang minum air menjelang tes duduk sebagai peringkat ke tiga.

Seperti dilansir daridailymail, penelitian lain mengungkapkan, tidak mendapatkan cukup air ketika sedang haus membuat bagian abu-abu pada otak menyusut yang mengakibatkan otak sulit berpikir.

Tapi setelah minum segelas atau dua gelas air otak dengan cepat kembali bekerja normal. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2011459/minum-segelas-air-bikin-otak-berpikir-cepat