Sabtu, 20 Juli 2013

Mengapa Kulit Tangan Rentan Kering?


KOMPAS.com - Kulit kering pada daerah tangan tentu terasa tidak nyaman. Terlebih saat gatal, kulit kering akan rentan pecah dan berdarah. Apabila tidak segera ditangani, kulit kering akan berkembang menjadi kondisi yang lebih serius seperti eskim dan infeksi.

Kulit tangan memang cenderung rentan mengalami kekeringan. Kondisi tersebut karena kulit tangan termasuk kulit yang umumnya tidak tertutup oleh pakaian, sehingga kandungan air dalam kulit tangan lebih mudah menguap.

Selain itu ada juga beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit tangan lebih rentan kering. Pertama, cara mencuci tangan yang salah. Mencuci tangan memang penting dilakukan guna mematikan bakteri-bakteri berbahaya, terutama sebelum makan dan sehabis dari toilet. Namun bukan berarti kita harus merelakan kelembaban alami kulit hilang setelah mencuci tangan.

Karena itu, cuci tangan sebaiknya menggunakan sabun yang cepat membunuh kuman, agar kulit tidak berlama-lama mendapat paparan sabun. Ada baiknya pula kita menggunakan sabun yang mengandung pelembab, dan menghindari penggunaan air hangat. Tambahan pelembab sehabis mencuci tangan juga bisa dijadikan alternatif.

Selain itu, mencuci dengan sabun cuci juga bisa menyebabkan kulit tangan kering. Maka biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun cuci tangan setelah mencuci dan selanjutnya menggunakan pelembab.

Tak hanya kebiasaan, pekerjaan tertentu yang mengharuskan tangan memegang senyawa kimia, terlebih dilakukan di luar ruangan juga bisa menyebabkan kulit tangan kering, misalnya berkebun. Saat berkebun, tangan memegang tanah, pupuk, dan dilakukan di luar ruangan sehingga tangan rentan kering.

Selanjutnya, ada pula reaksi alergi dan penyakit tertentu yang menyebabkan kulit kering. Untuk kondisi ini, sebaiknya diperlukan konsultasi lebih jauh lagi pada ahli yang menangani.

Namun secara umum untuk mengatasi kulit tangan yang kering, kita butuh rajin mengaplikasikan pelembab dan menjaganya dari paparan bahan kimia hingga sinar matahari yang berlebihan.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/20/1241487/Mengapa.Kulit.Tangan.Rentan.Kering.