Sabtu, 13 Juli 2013

Mau Jajan Pinggir Jalan? Lihat Dulu Cara Mencucinya


Kompas.com - Jajanan pinggir jalan memang memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi jajanan tersebut dengan mudah ditemukan. Sayangnya, jajanan tersebut seringkali kurang terjaga kebersihannya.

Selain soal rasa yang sudah tersohor, sebaiknya perhatikan bagaimana cara pedagang mencuci alat makan, bahan makanan, dan kebersihan tangannya.

Cara mencuci menjadi kunci pemilihan jajanan pinggir jalan. "Kalau cara mencucinya cuma asal rendam lebih baik jangan beli di situ. Menjaga kebersihan merupakan cara paling sederhana cegah hepatitis," kata dr. Rino A. Gani Sp.PD KGEH dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI).

Kebersihan tangan juga wajib diperhatikan oleh orang yang mengolah makanan dan juga pembeli. Rino menjelaskan, tangan merupakan media penularan virus, bakteri, dan parasit yang paling mudah.

Bahkan, virus hepatitis A dengan mudah menular lewat kebersihan alat makan dan tangan yang kurang terjaga.

"Bila perlu peralatan yang digunakan untuk memasak protein dan hewani dipisah. Setelah dicuci bahan pangan hewani dan nabati sebaiknya juga dipisah," katanya.

Ada beberapa cara pencegahan hepatitis A, antara lain memastikan buah dan sayuran dicuci sebelum diolah, minum air yang sudah mendidih atau minum air kemasan saat berada di wilayah yang kurang bersih, dan hindari minum es batu.

Source : http://health.kompas.com/read/xml/2013/07/13/1146456/Mau.Jajan.Pinggir.Jalan.Lihat.Dulu.Cara.Mencucinya.