Jumat, 12 Juli 2013

Makanan-Makanan Ini Bikin Anda Tak Mudah Sakit

BANYAK cara agar tubuh tak mudah sakit.  Selain mengonsumsi aneka vitamin, Anda pun perlu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi akan antioksian.

Antioksidan ialah senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Sehingga bila siapa saja mengonsumsi makanan dengan kandungan ini secara rutin bisa membuat dirinya tak mudah jatuh sakit.

Nah, bila Anda masih bingung makanan apa saja yang mengandung antioksidan, berikut ini ada beberapa makanan yang memilik kandungan antioksidan yang tinggi, seperti dilansir Healthmeup.

Bayam

Bayam merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, vitamin A dan C dan juga asam folat. Makanan ini bermanfaat besar untuk menangani masalah buang air besar seperti sembelit karena kekurangan serat. Selain itu, bayam juga  fantastis untuk menjaga kesehatan mata dan saluran pencernaan Anda terus sehat.

Bubur gandum

Beras merah, bubur gandum, dan bentuk lainnya dari gandum mengandung komponen kaya nutrisi seperti serat, protein dan antioksidan. Bahkan, banyak ahli gizi menyatakan bahwa makanan itu memberikan nutrisi lebih penting daripada makanan biji-bijian olahan. Karenanya, disarankan untuk mengganti konsumsi bentuk biji-bijian olahan dengan biji-bijian untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda.

Kacang-kacangan dan biji

Mengonsumsi kacang-kacangan baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, pasalnya makanan itu sumber-sumber berharga vitamin E yang dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh Anda. Mekanisme utama kandungan makanan ini ialah merangsang produksi sel-sel pembunuh alami sehingga menghilangkan sel-sel germinal berbahaya dan sel-sel kanker dalam tubuh. Sementara untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, semua tergantung pada gaya hidup seseorang, dosis harian nutrisi ini bisa bervariasi. Orang dengan gaya hidup dengan tingkat mengonsumsi alkohol yang tinggi, mungkin membutuhkan lebih dari 100-400 miligram perhari.

Madu

Madu ialah makanan anti-bakteri dan kaya antioksidan hingga semakin meningkatkan lagi antibodi dalam tubuh. Sementara bila Anda tambahkan beberapa sendok madu yang dicampur dengan lemon dan teh. Resep ini dapat meredakan sakit tenggorokan dan memperbaiki pencernaan Anda.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran cruciferous, kaya akan antioksidan. Selain itu brokoli memiliki glucoraphanin, yang membantu tubuh untuk memproses senyawa sulforaphane untuk melawan kanker. Kemudian brokoli juga merupakan bahan makanan  yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan K, Beta karoten, kalsium, kalium dan karotenoid, sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk diet penurunan berat badan yang sehat dan membangun kekebalan tubuh Anda. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/11/486/835621/makanan-makanan-ini-bikin-anda-tak-mudah-sakit