Selasa, 30 Juli 2013

Beranda » » Lima Manfaat Mengunyah Secara Perlahan

Lima Manfaat Mengunyah Secara Perlahan

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Senin, 29 Juli 2013 16:56 wib

detail berita

Mengunyah makanan Anda secara perlahan, ( Foto : google)

BANYAK cara menjaga tubuh tetap sehat. Misalkan dengan mengunyah makanan secara perlahan. Apalagi bila Anda sedang menjalani agenda diet, upaya ini memberi manfaat signifikan. Namun, sayangnya banyak orang belum mengetahui manfaat kesehatan dari mengunyah makanan secara perlahan ini.  
Berikut, lima manfaat mengunyah makanan secara perlahan untuk memperjelas posisinya dalam membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti dilansir Magforwomen.
 
1. Berat badan
Untuk Anda yang tengah berupaya menurunkan berat badan, makan dengan cara perlahan ialah cara jitu menyusutkan lemak dalam tubuh. Pasalnya saat Anda mengonsumsi secara perlahan, secara tak langsung akan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Sebaliknya, saat Anda mengunyah makanan dengan cepat akan membuat Anda cenderung makan berlebihan.
 
2. Lebih meningkatkan kenikmatan makan
Semakin lambat Anda makan makanan Anda, semakin Anda bisa lebih  meningkatkan kenikmatan rasa makanan Anda. Di samping itu, makan secara perlahan juga memberikan lebih banyak kebahagiaan dan kepuasan hati dari makanan harian yang dimakan.
 
3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Manfaat mengunyah secara lambat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda lebih baik. Bahkan bila Anda bisa mengunyahnya dengan benar, tubuh memberikan sedikit cadangan energi untuk aktivitas harian Anda.
 
4. Perubahan gaya hidup lengkap Anda
Bila Anda mulai meluangkan waktu untuk menghargai apa yang Anda makan dan Anda makan secara perlahan-lahan, secara otomatis akan memengaruhi gaya hidup Anda secara keseluruhan. Tingkat stres akan menurun karena Anda bisa menikmati proses makan makanan itu.
 
5. Cara yang baik untuk melatih pikiran Anda
Bila Anda bisa memerhatikan makanan apa yang dimakan dan meletakkan semua perhatian pada makanan tersebut, secara tak langsung Anda telah terlibat dalam upaya melatih pikiran. Kondisi itu dapat membantu Anda fokus dalam suatu perkerjaan.
(tty)
  • Lima Langkah Bikin Usus Jadi Super Sehat
  • Tingkatkan Performa Olahraga dengan Pemanasan
  • Trik Agar Makanan Terasa Lebih Lezat
  • Lima Fakta Pil Diet Perlu Diketahui
  • Jalan Kaki Berikan Manfaat Kognitif

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/29/486/844217/lima-manfaat-mengunyah-secara-perlahan