Jumat, 05 Juli 2013

Lemak Sehat Turunkan Risiko Anak Autis

TEMPO.CO , Jakarta:Wanita yang mengkonsumsi sejumlah lemak sehat selama kehamilan mengalami penurunan risiko mempunyai anak autis. Dalam riset terbaru, wanita yang mengkonsumsi asam linoleic tinggi, 34 persen lebih rendah melahirkan anak autis dibandingkan mereka yang mengkonsumsi nutrisi level rendah. Asal linoleic merupakan asam lemak omega 6 yang ditemukan dalam minyak sayur, kacang-kacangan dan biji.

Wanita yang mengkonsumsi asam lemak omega 3 pada ikan, ternyata berisiko 53 persen lebih tinggi memiliki anak autis dibandingkan mereka yang mengkonsumsi dalam jumlah rata-rata. "Hasil kami menunjukkan bukti awal bahwa meningkatkan asupan asam lemak omega 6 selama kehamilan bisa menurunkan risiko anak terkena autisme dan konsumsi asam lemak omega 3 dan asam linoleic bisa meningkatkan risiko tersebut," kata para peneliti dari Harvard School of Public Health seperti dikutip situs LiveScience edisi 1 Juli 2013.

Studi ini hanya menemukan hubungan dan bukan kaitan sebab akibat antara wanita hamil yang mengkonsumsi asam lemak dan penurunan risiko mempunyai anak autis. Para peneliti menegaskan studi ini berskala kecil dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasil tersebut.

Penyebab adanya hubungan tersebut, kata para peneliti, belum diketahui. Tetapi jenis asam lemak ini menunjukkan hal penting pada perkembangan otak janin. Suplai asam lemak pada wanita hamil digunakan oleh janin mereka hingga akhir kehamilan dan diperlukan untuk satu hingga dua bulan pertama setelah dilahirkan. Hasil riset ini dipublikasikan online di American Journal of Epidemiology edisi 27 Juni 2013.

The March of Dimes merekomendasikan wanita hamil mengkonsumsi sekitar 200 mg asam lemak omega 3 Docosahexaenoic acid (DHA) per hari.

Penelitian terbaru ini melibatkan 317 wanita yang mempunyai anak autis dan 17.728 ibu yang mempunyai anak normal. Partisipan menjawab pertanyaan mengenai jenis makanan yang dikonsumsi. Para ilmuwan mencatat 5.884 wanita dalam penelitian ini menjawab kuisioner tersebut saat hamil sementara sisanya menjawab sekitar setahun setelah melahirkan.

LIVESCIENCE | ARBA'IYAH SATRIANI

Topik Terhangat:
Tarif Progresif KRL | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | PKS Didepak? | Puncak HUT Jakarta

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/05/060493706/Lemak-Sehat-Turunkan-Risiko-Anak-Autis