Kamis, 11 Juli 2013

Lemak Berlebih, Waspada Risiko Penyakit Berikut

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Helmi Ade Saputra - Okezone
Kamis, 11 Juli 2013 11:23 wib

detail berita

Lemak berlebih (Foto: Google)

BERHATI-hatilah jika Anda memiliki lemak berlebih. Pasalnya, memiliki jumlah lemak berlebih di sekitar organ jantung dan organ lainnya lebih mungkin berisiko mengalami penyakit jantung dan kanker.

Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian di Journal of American College of Cardiology yang mengukur lemak di bawah kulit, sekitar jantung, dan organ lainnya menggunakan CT Scan. Mereka mengukur lemak pada 3.086 orang berusia sekira 50 tahun, dan penelitian ditindaklanjuti selama hampir 5 tahun.

Lebih lanjut, peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki jumlah tinggi lemak di sekitar organ-organ tubuh lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung dan kanker.

Penelitian juga menemukan, kelebihan lemak di daerah sekitar perut leibh berbahaya daripada lemak yang terletak di daerah lain. Selain itu, lingkar pinggang yang besar juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker. Namun, lemak di sekitar organ perut Anda yang dikenal sebagai lemak visceral tidak selalu terlihat dari luar tubuh

"Cara terbaik untuk mencegah itu semua adalah mencegah kenaikan berat badan. Kita bisa melakukan olahraga dan diet untuk mencegah hal tersebut," ujar ahli jantung di Brigham and Women's Hospital, Boston, Kathyn A. Britton, dikutip Prevention.

Ia menambahkan, menurunkan jumlah lemak di sekitar organ-organ tubuh memang tidak mudah, oleh karena itu Britton menyarankan untuk memertahankan gaya hidup sehat dan tetap aktif bergerak. (ind)

  • Rutin Renang Bebaskan Risiko Penyakit Jantung
  • Trik Murah Meriah Sehatkan Jantung
  • Si Hijau Pencegah Penyakit Jantung
  • Kunci Penting Cegah Penyakit Jantung
  • Tidur Cukup Hindarkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/11/486/835241/lemak-berlebih-waspada-risiko-penyakit-berikut