Selasa, 30 Juli 2013

Beranda » » Kurang Tidur Tak Pengaruhi Performa Olahraga

Kurang Tidur Tak Pengaruhi Performa Olahraga

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Selasa, 30 Juli 2013 13:33 wib

detail berita

Berolahraga saat kondisi kurang tidur, (Foto: Mensfitness)

ANDA suka merasa gelisah saat berolahraga dengan kondisi kurang tidur? Bila iya, biasakanlah untuk tak memikirkannya lagi sekarang. Sebab kurang tidur tak akan memengaruhi performa berolahraga Anda.  
Penelitian terbaru dari Belanda menemukan, seseorang yang mengalami kurang tidur saat menjalani olahraga nyatanya tak menurunkan performa berolahraga.
 
Dalam hasil penelitian ini, peneliti merekrut 10 peserta dalam kondisi sehat berumur diatas 20-an. Kemudian, mereka diinstruksikan untuk berolahraga sepeda dengan track yang sudah ditentukan selama 20 menit dibawah cuaca dingin (52 derajat Fahrenheit) dan cuaca panas dalam kondisi kurang tidur. Kemudian ditemukan, para pergerakan mereka melambat saat di cuaca panas—tentu ini tak mengherankan. Namun, saat dikondisi dingin performa para peserta sangat mengejutkan, mereka bisa bersepada sejauh-jauhnya padahal kondisi tubuh mereka kurang tidur. Demikian seperti dilansir Menshealth.
 
Meski begitu, para peserta yang menghasilkan hasil penelitian mengejutkan ini awalnya juga diliputi rasa grogi. Betapa tidak? mereka bisa menempuh perjalan bersepeda 20 menit dengan rata-rata satu kilometer dengan kondisi kurang tidur. Atau dengan kata lain, kurang tidur realitanya hanyalah merupakan ketakutan di dalam otak saja, kata peneliti.
 
Dengan demikian, Anda tak perlu mencemaskan lagi bila Anda ingin berolahraga dengan kondisi kurang tidur sekarang. Namun, pengecualian bila Anda pada malam itu menenggak minuman alkohol. Pasalnya penelitian menunjukan bahwa asupan alkohol menyebabkan dehidrasi dan mengganggu proses metabolisme yang sangat penting saat seseorang berolahraga.
 
(tty)
  • Optimis, Cara Ampuh Kurangi Stres
  • Menyikat Gigi Bisa Tingkatkan Performa Otak
  • Tip Ahok Supaya Tetap Segar Bugar
  • Lima Manfaat Mengunyah Secara Perlahan
  • Lima Langkah Bikin Usus Jadi Super Sehat

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/30/486/844635/kurang-tidur-tak-pengaruhi-performa-olahraga