Rabu, 31 Juli 2013

Beranda » » Kurang Tidur Bikin Suasana Hati Jadi Buruk

Kurang Tidur Bikin Suasana Hati Jadi Buruk

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Qalbinur Nawawi - Okezone
Rabu, 31 Juli 2013 14:29 wib

detail berita

Efek kurang tidur, ( Foto: Oprah)

PERNAHKAH Anda merasa cerewet atau uring-uringan tak jelas dipagi hari? Bila iya, mungkin saat itu Anda sedang kurang tidur.  
Hal itu sesuai penelitian terbaru Sonia Ghumman, Ph.D., dari University of Hawaii di Mamoa. Dia menemukan bahwa kekurangan jam tidur bisa membuat seseorang memiliki streotipe negatif.
 
"Mengapa streotipe bisa muncul? Ini karena kehilangan jam tidur akan menghabiskan energi untuk kontrol diri, dan dengan demikian mengabaikan filter prasangka baik Anda," katanya seperti yang dikutip dalam Journal of Applied Social Psychology.
 
"Sisi lain dari hasil penelitian ini juga menjelaskan, mengapa seseorang sangat rewel bila sedang dilanda keletihan? Ini karena tanpa tidur yang cukup, proses berpikir, memori dan kemampuan belajar, semuanya itu jadi terganggu. Anda mengetahui bahwa akan menghadapi tuntutan tanggung jawab harian dengan sumber energi terbatas," kata W. Christopher Winter, M.D selaku Direktur Medis dari Medicine Sleep Center di Rumah Sakit Martha Jefferson, yang tak terkait dalam penelitian itu.
 
Tak hanya itu, kata dia, kekurangan jam tidur juga menempatkan orang dalam suasana hati yang buruk. Hal ini karena saat seseorang kurang tidur, terjadi peningkatan aktivitas di amigdala, yang mengatur emosi seperti marah ataupun diam-tenang. Demikian seperti dilansir Menshealth.
 
Sementara itu, bila Anda orang yang termasuk memiliki jam tidur hari yang kurang. Tak usah khawatir, Anda bisa menambal kekurangan tidur itu dengan vitamin atau asupan nutrisi. Sebab penelitian menunjukkan kandungan likopen dalam tomat dan vitamin C dari berbagai buah dapat membantu regulasi tidur Anda.
(tty)
  • Minum Kopi Tiap Hari Pangkas Risiko Bunuh Diri
  • Hati-hati Terinfeksi Bakteri Pemakan Otak Saat Berenang
  • Dada Sesak & Kepala Pusing? Waspadai Tekanan Darah Tinggi
  • Gejala Awal Kanker Payudara Wajib Diwaspadai
  • Obat Anestesi Bantu Obati Penderita Depresi

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/31/482/845266/kurang-tidur-bikin-suasana-hati-jadi-buruk