Kamis, 11 Juli 2013

Kerja Shift Malam, Wanita Berisiko Kanker Payudara?

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Helmi Ade Saputra - Okezone
Kamis, 11 Juli 2013 12:29 wib

detail berita

Kerja malam hari (Foto: Google)

FREKUENSI kanker payudara di kalangan wanita yang bekerja shift malam di usia 30 tahun atau lebih memiliki risiko dua kali lipat lebih besar dari wanita yang tidak bekerja shift malam.

Hal ini seperti dikatakan para peneliti Kanada dalam penelitian Occupational & Environmental Medicine yang membandingkan riwayat kerja mereka. Dari riwayat kerja dilaporkan, sebanyak 1.134 wanita terkena kanker payudara dan 1.179 wanita tidak terkena penyakit tersebut.

Mereka menemukan bahwa wanita pasca-menopause atau berusia lebih dari 30 tahun yang bekerja shift malam memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kanker payudara daripada rekan-rekan mereka yang tidak bekerja shift malam.

Sementara, penelitian sebelumnya menemukan tingkat yang lebih tinggi dari kanker payudara pada karyawan yang bekerja di bidang kesehatan dan mereka bekerja shift malam selama beberapa dekade. Tetapi, pada penelitian tersebut sangat bergantung pada jenis pekerjaan dan gangguan tidur dalam jangka panjang.

Para ahli percaya bahwa paparan cahaya di malam hari dapat menekan produksi melatonin, yaitu hormon untuk menangkal kanker.

"Dalam studi kami tidak dapat secara khusus meneliti salah satu mekanisme ini," ujar Dr Anne Grundy, PhD, salah satu penulis penelitian dari Department of Public Health Sciences an Queen's Cancer Research, dikutip Prevention.

Ia menambahkan, wanita yang saat ini bekerja shift malam dapat mengambil langkah-langkah kecil untuk menurunkan risiko kanker payudara, yaitu menjalankan diet sehat, dan membiasakan olahraga, dan meminimalkan sumber cahaya ketika mereka tidur di siang hari meski sebentar. (ind)

  • Kenali Sebab-Sebab Kanker Mulut Sejak Dini
  • Yang Kurangi Risiko Kanker Prostat
  • Kiat Cegah Kanker Mulut
  • Tahi Lalat Membesar, Waspada Kanker Kulit
  • Konsumsi Minyak Ikan Hindarkan Risiko Kanker Kulit

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/11/482/835301/kerja-shift-malam-wanita-berisiko-kanker-payudara