Rabu, 10 Juli 2013

Kenapa Pemeriksaan Gigi Sangat Penting?

PEMERIKSAAN gigi secara teratur tak ditampik memang penting. Pasalnya, dalam gigi ada jaringan syaraf yang bisa berdampak ke tubuh bila kesehatan gigi Anda terganggu.

Kesehatan gigi memang perlu dilakukan, pasalnya sedikit saja gigi Anda mengalami gangguan kualitas hidup bisa terancam. Di mana bila seseorang mengalami gigi berlubang akan mengurangi kenikmatan dalam mengunyah dan menelan makanan. Bahkan, bisa mengundang banyak bakteri yang sangat mungkin berdampak pada kesehatan tubuh bila gigi berlobang tetap dibiarkan. Namun, tak usah panik bila Anda dalam kondisi demikian. Sebab, meluangkan waktu memeriksakan gigi bisa mencegah risiko itu.

Sayangnya, banyak orang yang masih enggan pergi memeriksakan kondisi kesehatan gigi terkini ke dokter, padahal banyak manfaat yang bisa diambil selain mencegah dari infeksi. Nggak percaya?

Di bawah ini beberapa manfaat bila Anda memeriksakan gigi secara teratur, sebagaimana dilansir Magforwomen.

Memperindah senyum Anda

Bila Anda menyikat gigi setiap hari dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, akan membuat gigi Anda bersih dan putih. Sehingga secara otomatis, senyum Anda akan terlihat lebih indah. Kendati tak semua orang mungkin melihat, Anda pasti bisa menghasilkan senyum yang besar dan terbuka.

Anda akan memiliki kesan yang besar pada orang lain

Memiliki gigi putih seperti mutiara karena rutin menggosok dan pemeriksaan teratur dapat membuat kepercayaan diri seseorang meningkat. Apalagi bila Anda memiliki kepribadian yang baik, tentu setiap orang yang berinteraksi dengan Anda memiliki kesan yang besar.

Mengetahui kondisi kesehatan gigi secara menyeluruh

Kesehatan mulut bukanlah sesuatu yang bisa Anda abaikan. Sekalipun memiliki satu set gigi sempurna, tak ada jaminan bahwa Anda tak akan memiliki gangguan gigi ke depan. Karenanya, pemeriksaan gigi secara rutin berguna untuk mengetahui apakah Anda memerlukan penambal gigi atau sebuah rekomendasi perawatan untuk lebih membuat gusi dan gigi terus bersih.

Anda bisa makan seperti seorang raja

Pemeriksaan teratur dapat membuat gigi jauh dari gangguan kesehatan gigi, di mana bisa membuat Anda menikmati makanan dengan mengunyah dan menelan yang benar.

Anda akan terlindungi diri dari masalah kesehatan jangka panjang

Di dalam gigi terdapat banyak pembuluh darah yang terhubung ke sistem dalam tubuh. Bila gigi Anda mengalami infeksi bakteri, kondisi itu bisa menyebabkan kanker mulut, belum lagi gusi berdarah, periodontitis, bahkan mungkin penyakit jantung. Selain itu, sangat mungkin membuat Anda menderita bau mulut kronis. Namun tak usah cemas, selagi Anda selalu menyempatkan diri melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Pasalnya, dokter akan cepat memberikan penanganan maksimal bila ditemukan gangguan kesehatan gigi. Sehingga sangat mungkin Anda terhindar risiko masalah kesehatan jangka panjang.

Infeksi Anda dapat dideteksi sejak dini

Pemeriksaan gigi secara teratur dapat mendeteksi bila gigi Anda sedang mengalami infeksi. Namun tak usah panik, sebab dokter pasti langsung membantu dengan memberikan pengobatan yang efektif. Alhasil, kemungkinan sembuh pun jadi lebih cepat. (tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/10/486/834754/kenapa-pemeriksaan-gigi-sangat-penting