Sabtu, 06 Juli 2013

Kenali Tanda Seputar Kanker Payudara

INILAH.COM, Jakarta - Tahukah Anda, kanker payudara ternyata penyebab tertinggi kematian pada wanita. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia Globacan, empat dari sepuluh perempuan akan terdiagnosis kanker payudara selama hidup mereka. Penyakit ini menyerang tanpa disadari dan umumnya baru diketahui setelah mencapai stadium empat.

Deteksi dini sangat dianjurkan bagi wanita untuk mengetahui keberadaan kanker payudara sejak dini sehingga pengobatan pun dilakukan saat kanker masih pada stadium awal. Karena itu penting dilakukan pemeriksaan secara berkala, sehingga jika terdapat sesuatu yang janggal pada payudara Anda, segera dapat diatasi.

Kenali tanda-tandanya, antara lain adanya benjolan atau gumpalan pada bagian tertentu pada payudara (tidak merata). Perhatikan bagian puting, bila puting masuk dan mengeluarkan cairan darah segera periksakan ke dokter

Perhatikan juga perubahan pada ukuran dan bentuk payudara. Selain itu, perhatikan kulit pada sekitar payudara dan puting, apabila kulit payudara mengelupas, berwarna kemerahan dan kulit payudara mengeras serta berbentuk mengerucut seperti buah jeruk. Bisa dipastikan itu adalah akibat adanya sel kanker yang mengendap di sekitar payudara Anda.

Tak perlu panik ataupun stress, karena keadaan demikian justru akan mempercepat sel kanker menyebar. Ketenangan batin dan pikiran diperlukan, agar dapat memperlambar pergerakan sel kanker. Fakta yang terjadi dalam 10 tahun terakhir, 90 persen kanker payudara yang didiagnose sejak dini berhasil ditangani. Contohnya terjadi pada artis lawas Titiek Puspa yang sempat menderita kanker payudara stadium dua berhasil sembuh. [dari berbagai sumber]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2007264/kenali-tanda-seputar-kanker-payudara