Sabtu, 06 Juli 2013

Kenali Makananan Penyebab Timbulnya Jerawat

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Helmi Ade Saputra - Okezone
Sabtu, 6 Juli 2013 03:22 wib

detail berita

Remaja berjerawat (Foto; Google)

FAKTOR diet dianggap paling berpengaruh terhadap terjadinya jerawat pada orang dewasa maupun remaja, baik laki-laki ataupun perempuan. Bila benar, makanan seperti apa yang memicu timbulnya jerawat?

Menurut, dr. Gloria Novelita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, sebuah penelitian dari peneliti rigopoulous di tahun 2007 menunjukkan jika timbulnya jerawat sebanyak 62 persen disebabkan oleh makanan, terutama cokelat.

Sedangkan penelitian yang sebelumnya dilakukan peneliti El-Akawi di tahun 2006, menunjukkan timbulnya jerawat disebabkan oleh makanan seperti kacang, cokelat, kue, makanan berminyak, telur dan susu.

"Studi yang sudah ada menunjukkan pola makan Western (glycemic index (GI) tinggi dan berlemak) memengaruhi timbulnya jerawat. Contohnya seperti makanan cepat saji yang tinggi akan kalori namun sedikit nutrisi," ujar dr. Gloria dalam dalam peluncuran produk "Nexcare Acne Cover", di ANZ Tower, Jakarta, Kamis, baru-baru ini.

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Cordain di tahun 2002, para peneliti tidak menemukan jerawat pada populasi dengan pola makan non Western. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Kaymak di tahun 2007 menunjukkan, pasien dengan jerawat lebih dari 2 tahun, umumnya memiliki pola makan GI yang tinggi. (ind)

  • Kenali Makananan Penyebab Timbulnya Jerawat
  • Kapan Jerawat Harus Diobati & Perawatan Medis?
  • Jatuh Cinta Picu Jerawat, Mitos atau Fakta?
  • Penuhi Vitamin A & Zinc, Anda pun Bebas Jerawat
  • Alasan Remaja Laki-laki Lebih Rentan Berjerawat

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/05/486/832562/kenali-makananan-penyebab-timbulnya-jerawat