Kamis, 04 Juli 2013

Kelilingi Kantor Kurangi Risiko Diabetes

TEMPO.CO , Otego:Berjalan di kantor selama 2 menit tiap setengah jam dapat mengurangi risiko diabetes pada jutaan pekerja kantor. Berjalan di sela-sela kerja lebih efektif dibandingkan berjalan selama 30 menit sebelum mulai bekerja.

Daily Mail merujuk pada laporan American Journal of Clinical Nutrition. "Pekerja yang berjalan berkeliling kantor selama 1 menit 40 detik di sela-sela kerja, mampu menurunkan kadar gula darah dan insulin," tulis Daily Mail mengutip laporan itu, Selasa, 2 Juli 2013.

Tingginya kadar gula darah dan insulin adalah tanda awal diabetes tipe-2. Ini menjadi gerbang awal penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan kemampuan mengubah glukosa menjadi sumber energi untuk digunakan oleh otot.

Namun, penelitian oleh peneliti dari Universitas Otago, Selandia Baru, menunjukkan seseorang yang melakukan pergerakan ringan dapat mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Dalam sebuah percobaan, peneliti meminta 70 pekerja duduk selama 9 jam. Peneliti kemudian mengukur kadar gula darah mereka pada 1 jam, 4 jam, dan 7 jam kemudian. Tes ini disebut tes postprandial. Tes ini berfungsi melihat seberapa baik tubuh menyerap gula dari makanan.

Pada bagian kedua, mereka diminta berjalan cepat selama setengah jam sebelum duduk selama sembilan jam. Dan akhirnya, mereka duduk selama sembilan jam lagi tapi kali ini berjalan selama tepat satu menit 40 detik setiap setengah jam.

Hasil penelitian menunjukkan, kadar gula darah postprandial lebih rendah setelah berjalan-jalan singkat daripada ketika relawan berjalan sebelum duduk, atau ketika mereka tak bergerak sama sekali.

Temuan ini sejalan dengan studi yang dilakukan pada tahun 2011. Studi itu menjelaskan, karyawan yang banyak mengambil istirahat singkat akan memiliki kadar kolesterol yang baik.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat:
Tarif Progresif KRL | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | PKS Didepak? | Puncak HUT Jakarta

Berita Terpopuler:
PAN Tolak RUU Ormas, 'Pecat Besan!' 
Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi
Rumah Banyak, Satu yang Jadi Favorit Djoko Susilo

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/04/060493370/Kelilingi-Kantor-Kurangi-Risiko-Diabetes