Kamis, 04 Juli 2013

Kelebihan Kopi Bisa Dehidrasi, Mitos atau Fakta?

Kelebihan Kopi Bisa Dehidrasi, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta : Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Air dibutuhkan untuk mengatur suhu tubuh, melindungi sendi dan organ serta membantu pencernaan agar lancar. Namun banyak mitos yang berkembang di masyarakat terkait masalah dehidrasi.

Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum)Terdapat beberapa mitos dan fakta-fakta yang ada dibelakangnya seperti dilansir huffingtonpost.com, Kamis (4/7/2013).

Berikut ini mitos yang berkembang di masyarakat terkait dehidrasi:

1. Mitos: Dehidrasi tidak nyaman, tapi tidak berbahaya

Fakta: Walaupun kebanyakan dari kita hanya mengalami gejala dehidrasi ringan seperti sakit kepala, kelesuan, atau penurunan urine atau output keringat, dapat menjadi parah dan memerlukan perhatian medis. Menurut Mayo Clinic, komplikasi serius termasuk pembengkakan otak, kejang, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Menurut Mayo Clinic, untungnya, orang dewasa biasanya dehidrasi ringan atau mudah diatasi dengan beberapa cairan ekstra. Tapi ketika tidak diperhatikan dalam tahap awal, orang dewasa dapat mengembangkan rasa haus yang ekstrem, pusing dan kebingungan, dan berhenti kencing. Gejala harus diambil bahkan lebih serius pada anak-anak dan orang dewasa yaitu diare, muntah, demam, ketidakmampuan untuk menjaga cairan turun, lekas marah atau kebingungan.

2. Mitos: Jika Anda haus, maka tubuh mengalami dehidrasi

Fakta: Ini belum terlambat. Bahkan, rasa haus adalah cara tubuh memberitahu untuk minum air, dan tidak berisiko menjadi berbahaya saat tenggorokan terasa kering.

"Ketika Anda haus, defisit air dalam tubuh Anda adalah sepele - itu adalah ukuran yang sangat sensitif," kata profesor kedokteran di University of Pennsylvania, Dr Stanley Goldfarb. "Mungkin hanya penurunan 1 persen dari air Anda secara keseluruhan. Dan itu hanya memerlukan minum beberapa cairan."

"Sederhana sebenarnya minumlah saat memang haus. Hal ini dapat mengurangi dehidrasi," kata Profesor Olahraga dan Ilmu Olahraga di University of Cape Town di Afrika Selatan, kata Dr Timothy Noakes. "Minum karena bukan merasa haus juga baik, tidak perlu tunggu dehidrasi," tambahnya.

3. Mitos: Setiap orang perlu minum delapan gelas air sehari

Fakta: Ini pedoman umum sudah usang, saat ini sebagian besar disebarkan oleh perusahaan air kemasan. Jadi berapa banyak yang benar-benar perlu untuk minum?

The Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan pria sebaiknya minum sekitar tiga liter total asupan cairan setiap hari, dan perempuan mendapatkan dua koma dua liter, sementara yang lain mengatakan tidak perlu untuk memaksa konsumsi air jika tidak haus.

Perlu diketahui level tersebut merupakan asupan yang disarankan mencakup lebih dari sekedar air saja, kata Noakes. "Apa yang harus Anda katakan adalah gelas cairan sehari," katanya.

Kopi, teh, jus buah, bahkan minuman manis memenuhi tubuh dengan lebih banyak cairan meskipun kami tidak merekomendasikan untuk menghilangkan dehidrasi. Sekitar 20 persen dari asupan air rata-rata orang berasal dari makanan, menurut IOM, terutama dari makanan yang memgandung air tinggi, seperti semangka dan mentimun.

4. Mitos: Tidak Boleh Terlalu Banyak Air

Fakta: Overhydrating bisa sangat berbahaya tapi itu relatif jarang.

Minum terlalu banyak air juga tidak baik dapat menyebabkan hiponatremia. Ketika kadar natrium dalam tubuh begitu diencerkan bahwa sel-sel mulai membengkak, menurut Mayo Clinic. Gejala biasanya termasuk mual, muntah, sakit kepala, kebingungan dan kelelahan, dan dapat meningkat untuk kejang dan koma.

Dari estimasi 2.600 kasus hiponatremia yang telah mengakibatkan rawat inap yang Noakes menyadari, ia mengatakan tidak ada alasan mereka sakit, kami hanya merasakan kesulitan ketika minum melampaui rasa haus tubuh.

5. Mitos: Olahragawan Butuh Minuman Olahraga

Fakta: Jika seseorang bekerja untuk kurang dari satu jam, air akan baik-baik saja. Tidak akan menguras elektrolit dan cadangan glikogen sampai orang tersebut sudah berolahraga intens selama lebih dari satu jam. Ketahanan atlet berasal dari campuran gula dan sodium yang menghasilkan energi.

6. Mitos: Kopi Membuat Dehidrasi

Fakta: Hanya jika mengonsumsi kopi secara berlebihan, kafein kopi membuat efek dehidrasi pada tubuh. Menurut Mayo Clinic, mengkonsumsi 500 atau lebih miligram kafein per hari atau sekitar lima cangkir kopi maka berisiko dehidrasi.

(Mia/Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/630068/kelebihan-kopi-bisa-dehidrasi-mitos-atau-fakta