Selasa, 09 Juli 2013

Jus Bisa Membuat Anda Cepat Gemuk

TEMPO.CO, London - Berhati-hatilah dengan kesegaran jus yang Anda konsumsi. Pasalnya, pakar nutrisi dari Tesco Diets mengungkapkan bahwa jus buah adalah "cara tercepat untuk membesarkan lingkar pinggang Anda" alias menaikkan berat tubuh. Hal ini dikarenakan, "hanya kurang dari satu menit, kebanyakan orang bisa meminum 150 kalori," ujar Chaterine Matthews, seperti dikutip situs Daily Mail edisi 2 Juli 2013.

Masalah lain dari jus adalah kurangnya serat. Ketika mengkonsumsi buah, serat membentuk lapisan pelindung yang berfungsi sebagai penghalang di usus. Hal ini memperlambat penyerapan gula, sehingga lever bisa bekerja dengan baik karena kandungan gula yang stabil. Sebaliknya, pada minuman cair, jus buah dan smoothies, penghalang ini menghilang, sehingga liver bekerja lebih keras.

Hal ini, kata Matthews, memicu dua hal sekaligus. Pertama, kelebihan ini memberikan energi dadakan yang dibakar dan dengan segera menghilang, menyebabkan sesuatu yang disebut oleh para ahli sebagai sugar crash. Ini membuat seseorang merasa lebih lesu, terganggu, dan bahkan lebih lapar daripada sebelumnya. Kedua, tingginya level fruktosa "gula buah" yang tidak terbakar, sehingga diubah menjadi lemak.

Selain itu, jika Anda berpikir bahwa smoothies lebih baik, maka Anda keliru. "Anda mungkin berpikir bahwa smoothie buah atau sayuran dikemas bersama vitamin dan mineral, tapi ia justru mirip jus sarat dengan gula. Sebagian malah mengandung gula, seperti pada minuman bersoda," ujar Matthews.

Studi yang belum lama ini dilakukan untuk MailOnline menunjukkan bahwa banyak minuman "menyehatkan" yang sebenarnya lebih buruk dibandingkan kue dan biskuit. Ditemukan bahwa satu sajian yang disebut healthy fruit juice mengandung gula yang sama dengan 3,5 kali donat atau 13 buah biskuit. Sementara satu gelas jus anggur mengandung jumlah gula yang sama dengan gula yang melapisi donat.

DAILY MAIL I ARBA'IYAH SATRIANI

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/09/060494657/Jus-Bisa-Membuat-Anda-Cepat-Gemuk