Selasa, 23 Juli 2013

Jenis-Jenis Tendinitis Perlu Anda Tahu

SEPERTI kita ketahui, tendinitis merupakan peradangan atau iritasi yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di sekitar persendian. Salah satu jenis penyakit tendon ini terbagi beberapa jenis.

Menurut Dr. Laura Djuriantina, Sp. KFR, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Pondok Indah-Pondok Indah, jenis tendinitis terbagi menjadi 4, yaitu Achilles tendinitis, Suprastinatus tendinitis, Tennis/golfer's elbow (lateral epicondylitis), dan Patellar tendinitis.

"Achilles tendinitis merupakan cedera pada olahraga umum dan mengenai tendon Achilles yang berada diantara tumit dan otot betis,"ujar Dr. Laura Djuriantina, Sp. KFR dalam Media Gathering bertema "Atasi Tendinitis Dengan Terapi Gelombang Kejut Radial Shock Wave Therapy" di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2013).

Selain itu, Suprastinatus tendinitis menurutnya, merupakan peradangan pada tendon di bagian atas sendi bahu yang menimbulkan rasa nyeri ketika lengan digerakkan, terutama ketika lengan digerakkan ke atas. Bahkan, beberapa penderita merasa sakit ketika berbaring.

"Kemudian Tennis atau golfer's elbow merupakan rasa nyeri di tengah siku yang umum diderita pegolf dan pemain tenis. Rasa nyeri pada jenis ini semakin akut ketika mencoba untuk mengangkat beban dan terkadang menjalar ke pergelangan tangan," tambahnya

Sementara, Dr Laura menjelaskan, Patellar tendinitis merupakan cedera yang mempengaruhi otot yang menghubungkan tempurung (pattela) dengan tulang kering.

"Lalu disebabkan stres berulang pada tendon lutut yang dapat menyebabkan sobekan atau peradangan tendon,"ungkapnya. (ind)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/07/23/482/841457/jenis-jenis-tendinitis-perlu-anda-tahu