Jumat, 05 Juli 2013

Ini Pentingnya Latih Food Finger Pada Bayi

INILAH.COM, Jakarta- Melatih bayi makan makanan dari genggamannya sendiri, atau finger food, penting dilakukan untuk melatih pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi.

Ahli gizi untuk perkembangan anak, Dr Frankie Philips mengatakan, para ibu sudah mengetahui pentingnya gizi pada makanan bagi pertumbuhan bayi.

Namun, katanya, banyak yang belum memahami bahwa variasi pemberian makanan dan tekstur juga membantu pertumbuhan seperti koordinasi tangan dengan mata, ketrampilan mengunyah, otot-otot mulut, ketrampilan mencengkram, dan perkembangan bicara.

"Mengekspos bayi untuk berbagai macam makanan jari pada usia dini membantu mereka mulai berlatih keterampilan sehari-hari, seperti menggunakan pegangan menjepit mereka dengan ibu jari dan telunjuk, keterampilan untuk mengambil benda-benda kecil," katanya seperti dilansir dari femalefirst.

Psikolog anak, Dr Angharad Rudkin, menambahkan, "Orangtua cenderung fokus hanya pada makanan pada piring mereka, atau apakah mereka sedang berjalan atau berbicara, sementara meninggalkan daerah penting pembangunan - keterampilan sosial dan emosional," jelasnya.

"Memiliki interaksi ramah pada waktu makan sama pentingnya dengan mengajarkan mereka makan semua makanan mereka. Hal terbesar yang orang tua inginkan dari anak adalah ingin mencoba hal-hal baru. Ini memungkinkan bayi Anda untuk merasa percaya diri untuk mencoba rasa baru, bentuk dan tekstur," ujarnya. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2006976/ini-pentingnya-latih-food-finger-pada-bayi