Senin, 29 Juli 2013

Beranda » » Ini Indahnya Menyusui Bayi

Ini Indahnya Menyusui Bayi

INILAH.COM, Jakarta- Ibu baru Kate Middleton memutuskan untuk menyusui bayinya, George. Ini dianggap berita menggembirakan karena melalui kegiatan menyusui, keduanya sedang membangun ikatan kuat.

Seperti ditulis Adele Jennings dan dilansir dari mirror, ia berharap keputusan ini memberi pengaruh besar lagi baik bagi para calon ibu lainnya.

Perdebatan tentang payudara dibandingkan botol telah berlangsung selama bertahun-tahun. Namun pada akhirnya, ibu paling tahu mana yang terbaik buat bayinya.

Semua bayi berbeda, dan begitu juga semua ibu. Sementara tidak semua ibu bisa memiliki kesempatan menyusui bayinya secara langsung, itu yang harus diingat.

Namun ia berharap, setidaknya itu bisa memberi inspirasi bagi ibu yang bahkan tidak pernah berpikir dua kali untuk menyusui bayinya. Atau setidaknya mencobanya.

Adele melanjutkan, ini mengingatkannya kembali akan kenangan pengalaman sendiri menyusui dua anak anaknya.

Adele mengakui, itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan di awalnya, karena pada prakteknya, menyusui bayi adalah penuh perjuangan.

"Untuk semua ibu baru ini bukanlah tugas yang mudah. Kedua ibu dan bayi harus belajar keterampilan baru dan dengan gejolak perasaan," katanya.

Karenanya ia sangat senang Kate memiliki dukungan dari orang-orang disekelilingnya. Dalam hal ini, ia setuju jika ibu baru selalu ingin dekat dengan ibunya sendiri. Maka ia tidak heran Kate memilih tinggal dengan orangtuanya di Bucklebury setelah kembali dari persalinan di rumah sakit.

Adele pun merespon baik keputusan Kate untuk tidak memberikan George tiruan puting ibu atau dot meski ia mengaku ini bukan keputusan yang mengejutkan.

"Bidan mengatakan kepada saya ketika saya memiliki anak pertama saya, Amber, bahwa ketika Anda mencoba untuk menyusui, jika Anda memberikan bayi Anda dummy, bayi dapat menjadi bingung puting karena bentuk yang berbeda dan dapat menghambat program pemberan makan secara langsung. Jadi yang terbaik adalah menghindarinya," sambungnya lagi.

Dia menceritakan, anak pertamanya Amber, yang disusui selama 10 bulan, memiliki dot ketika umurnya enam minggu. Sedangkan anaknya kedua Yakub, dia memutuskan tidak memberikan dot dan berhasil disusui selama 16 bulan.

Adele juga menjelaskan manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi saat menyusui meliputi: bayi memiliki infeksi dada dan infeksi telinga yang lebih sedikit, dan mereka cenderung untuk tidak menjadi gemuk. Ibu juga tidak perlu khawatir akan suhu susu, karena ASI yang langsung dari payudara selalu memiliki suhu yang tepat.

Selain itu susu ibu kaya nutrisi dan antibodi untuk melindungi bayi.

Sedangkan keuntungan untuk ibu yaitu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dan ovarium. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2015318/ini-indahnya-menyusui-bayi