Minggu, 07 Juli 2013

Ini Bahayanya Gigi Berlubang pada Ibu Hamil

INILAH.COM, Jakarta- Gigi berlubang atau karies pada ibu yang sedang hamil bisa membahayakan janin bayi karena memicu kelahiran dini atau prematur.

"Pada ibu hamil kuman yang berasal dari gigi berlubang bisa merangsang hormon yang memicu kontraksi dini yang dikhawatirkan akan terjadi kelahiran sebelum waktunya," ujar dokter gigi Zaura Rini Anggraini dalam kesempatan di Jakarta, Jumat (5/7).

Ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) itu juga menambahkan, kelahiran prematur pada bayi berpotensi berdampak buruk yaitu bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang rendah.

"Ini dampak buruk lainnya dari gigi berlubang pada ibu hamil," ujarnya.

Karenanya,dokter Rini menegaskan pentingnya bagi para ibu hamil menjaga kebersihan dan kesehatan gigi mereka selama kehamilan.

Ia mengingatkan, gigi berlubang tidak hanya akan membuat gigi busuk tapi lebih jauh ini bisa menimbulkan peradangan pada gusi. Gusi yang berdarah bisa menjadi tanda bahwa ada kuman dan sudah terjadi peradangan.

"Jadi kalau pas menyikat gigi menemukan darah pada sikat gigi, jangan justru berhenti menyikat giginya,tapi harus tetap dilanjutkan, karena ini tandanya ada kuman," ujarnya. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2007327/ini-bahayanya-gigi-berlubang-pada-ibu-hamil