Selasa, 23 Juli 2013

Ingin Tidur Nyenyak? Move On-lah dari Kenangan Buruk

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Banyak orang yang kesulitan untuk melupakan kenangan buruk dari masa lalunya, tapi move on atau meninggalkan kenangan itu dan membuka lembaran baru terbukti lebih menguntungkan karena memori buruk diketahui membuat seseorang mengalami insomnia.

Kesimpulan ini diperoleh setelah tim peneliti dari Trinity University, Swedia meminta sejumlah partisipan untuk menuliskan berbagai kenangan yang muncul di pikirannya saat ambil bagian dalam studi ini. Demikian dilansir Menshealth, Senin (22/7/2013).

Dari situ diketahui di antara partisipan yang banyak menuliskan tentang memori negatif atau pengalaman yang mengganggu pikirannya, kecenderungan si partisipan untuk mengalami insomnia mencapai 32 persen, atau lebih besar dibandingkan partisipan yang hanya mengingat kejadian-kejadian positif.

Bahkan peneliti menemukan walaupun pengalaman traumatis tersebut telah terjadi 10 tahun sebelumnya, mengingatnya saja dapat meningkatkan kadar stres partisipan secara signifikan. Dan sudah banyak studi yang mengaitkan antara stres dengan kualitas tidur yang buruk alias insomnia.

Beruntung menurut peneliti meditasi atau hanya menggenggam tangan pasangan dapat digunakan untuk meredakan stres yang dirasakan partisipan tersebut. Hanya saja jika kenangan buruk itu terus mengganggu tidur Anda, peneliti menawarkan sebuah metode unik untuk melupakan pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut.

Caranya, sebutkan satu kata yang dapat dikaitkan langsung dengan kenangan buruk itu, lalu tuliskan di atas sebuah kertas kosong menggunakan pena bertinta merah. Lalu setiap minggunya habiskan waktu selama lima menit untuk melihat kata kunci itu sembari berupaya untuk tidak mengingat memori buruk yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Tunggulah selama beberapa lama maka Anda akan menemukan manfaatnya. Meski metode ini terdengar aneh, tapi dari riset yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa otak seseorang yang memiliki kenangan buruk akan berangsur-angsur memblokir keseluruhan detail tentang kenangan yang membuat Anda sulit tertidur itu.

(vit/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2eff31bf/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C220C1928220C2310A7190C7630Cingin0Etidur0Enyenyak0Emove0Eon0Elah0Edari0Ekenangan0Eburuk/story01.htm