Rabu, 03 Juli 2013

Ingatkan Kakek-Nenek Jangan Malas Minum Saat Puasa Walau Tak Haus

Ingatkan Kakek-Nenek Jangan Malas Minum Saat Puasa Walau Tak Haus

Liputan6.com, Jakarta : Proses menua memang tidak bisa dihindari. Dalam proses itu misalnya, rasa haus seorang lansia akan berkurang. Ini normal, tapi harus diperhatikan karena kebutuhan cairan dalam tubuh sama dan tidak berubah.

Begitu disampaikan Pakar Penyakit dalam orang lanjut usia (geriatri) di Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer yang ditemui saat diskusi publik bertemakan 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan' di kantor pusat IDI, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

"Rasa haus orang lanjut usia akan berkurang. Ini adalah proses aging. Yang jadi masalah adalah kebutuhan cairan tubuh tetap sama baik dewasa dan lanjut usia. Nah, kalau lansia mengikuti keinginannya bisa jadi kebutuhan cairannya akan keteteran,"ungkap Purwita.

Purwita menyampaikan, rasa haus pada lansia bisa menurun hingga tiga sampai empat gelas setiap harinya. "Ada beberapa lansia yang bahkan tidak minum sehingga rentan sakit. Padahal lansia butuh lebih banyak cairan dari orang dewasa".

"Maka itu, lansia perlu diingatkan untuk mengonsumsi air agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi), kekurangan zat gizi, dan hipoglikemia (kadar gula darah rendah secara abnormal)," jelasnya.

(Fit/Igw)

Source : http://health.liputan6.com/read/628336/ingatkan-kakek-nenek-jangan-malas-minum-saat-puasa-walau-tak-haus