Kamis, 18 Juli 2013

iKnife, Evolusi Terbaru dalam Pembedahan Kanker

TEMPO.CO, London - Sebuah pisau bedah pintar telah diciptakan oleh para ilmuwan. Pisau ini dapat membedakan antara jaringan sehat dan tumor dengan akurat. Kehadiran pisau ini dipercaya bisa merevolusi proses operasi kanker. Dengan menggunakan pisau ini, pasien bisa menjalani operasi dengan lebih cepat. Pasien juga mendapatkan luka yang lebih kecil serta memiliki kesempatan lebih besar untuk bertahan hidup.

Dailymail melaporkan, penggunaan pisau ajaib atau yang dikenal dengan nama iKnife ini juga dapat memungkinkan ahli bedah untuk menangani operasi yang dianggap terlalu berisiko. Penemu perangkat ini adalah Dr Zoltan Takats dari Imperial College London. Ia mengatakan, "Senang memiliki alat yang dapat mengidentifikasi jaringan dengan akurat. Saat menyentuh suatu organ, alat ini akan segera memberi tahu apakah jaringan tersebut sehat atau tidak."

iknife juga dapat memberikan hasil dengan cepat. Hal ini memungkinkan ahli bedah untuk melakukan prosedur dengan tingkat akurasi yang belum mungkin dilakukan sebelumnya. iknife juga memiliki potensi mengurangi tingkat kekambuhan tumor dan memungkinkan lebih banyak pasien bertahan hidup.

Sebelumnya, para ahli bedah kanker terlebih dahulu melakukan scan terhadap pasiennya. Sebab, hal ini akan menjadi panduan dalam menjalankan operasi. Selama operasi, para ahli bedah juga diharuskan mengirim sampel jaringan ke laboratorium untuk mengkonfirmasi apakah itu kanker atau organ sehat. Menurut Dr Takats, proses tersebut sangatlah memakan waktu, dan yang terpenting, hasilnya tidak selalu akurat.

Untuk itu, Dr Takats menawarkan iKnife sebagai solusi terbaru dalam dunia kedokteran. Jurnal Science Translational Medicine melaporkan, dalam penelitian yang melibatkan operasi pada 91 pasien kanker itu, terbukti bahwa penggunaan iknife membuat operasi menjadi 100 persen akurat.

Perangkat ini telah digunakan di tiga rumah sakit di London, sebagai bagian dari penelitian yang lebih besar. Jika berhasil seperti yang diharapkan, alat tersebut bisa digunakan secara luas dalam dua atau tiga tahun ke depan.

DAILYMAIL.CO.UK | ANINDYA LEGIA PUTRI

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/18/060497453/iKnife-Evolusi-Terbaru-dalam-Pembedahan-Kanker