Sabtu, 06 Juli 2013

Ikan Salmon Mengandung Merkuri yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Benarkah?

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Nutrisi di dalam daging ikan diketahui dapat membantu keoptimalan pertumbuhan dan perkembangan otak anak, salah satunya pada ikan salmon. Konon, ikan salmon berbahaya bagi kesehatan karena mengandung merkuri. Benarkah demikian?

"Ikan yang mengandung merkuri memang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia karena bisa memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan. Namun, ikan salmon tidak termasuk dalam ikan yang mengandung merkuri tinggi," tutur Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, pakar nutrisi.

Hal tersebut diungkapkan Rita dalam acara talkshow 'Mom & Me: Fakta dan Mitos Ikan Salmon', yang diadakan di Atrium Senayan City, Jl Asia Afrika, Jakarta, Sabtu (6/7/2013).

Menurut Rita, hal tersebut hanya mitos. Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki kadar merkuri sangat rendah, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

"Mitos-mitos tentang ikan salmon memang banyak beredar di kalangan masyarakat. Sehingga konsumsi daging ikan salmon masih sangat rendah. Padahal ikan salmon tidak berbahaya," lanjut Rita.

Ikan salmon, khususnya jenis ikan salmon Norwegia, dikatakan oleh Rita memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk anak. Sebab, Norwegia yang terkenal memiliki lingkungan air dingin membuat ikan salmonnya menjadi lebih besar dibandingkan ikan salmon yang hidup di air dengan suhu normal.

"Ikan salmon Norwegia juga baik untuk dikonsumsi dengan berbagai cara pengolahan. Sebab, kandungan vitamin D yang terdapat pada salmon Norwegia tetap sama walau dikonsumsi mentah maupun dimasak," tegas Rita yang kini aktif sebagai pengajar jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II.

(mer/mer)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2e491ac7/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C0A60C1547260C22945520C7630Cikan0Esalmon0Emengandung0Emerkuri0Eyang0Eberbahaya0Ebagi0Ekesehatan0Ebenarkah/story01.htm