Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Ibu Hamil Boleh Berpuasa, Tapi...

Ibu Hamil Boleh Berpuasa, Tapi...

INILAH.COM, Jakarta- Islam memang membebaskan wanita hamil atau tengah menyusui untuk berpuasa. Namun kalau memang sehat dan kuat, berpuasa pun tidak ada masalah.

"Kembali lagi ke ibunya dan kondisi kesehatan janin bayi, kalau keduanya sehat dan kuat, menurut saya tidak masalah berpuasa," kata dokter spesialis ahli gizi klinis, Dr Fiastuti Witjaksono di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara tetap bisa berpuasa, namun perlu diketahui beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi jika wanita hamil ikut berpuasa. Seperti dilansir dari boldsky.

Mual

Sementara wanita hamil sudah mengalami morning sickness dan mual. Memiliki perut kosong hanya akan meningkatkan rasa mual.

Bayi lahir berat rendah

Puasa selama kehamilan dapat menyebabkan berat badan lahir rendah bayi. Namun perbedaan antara ibu puasa dan non-puasa seharusnya sangat kecil.

Pusing hingga pingsan

Bayi menyerap semua nutrisi dari tubuh Anda. Jadi kadar glukosa darah Anda akan sangat drop sementara tidak makan secara teratur.

Hal ini dapat menyebabkan pusing dan pingsan.

Menurunkan metabolisme

Selama kehamilan, metabolisme Anda menjadi benar-benar lambat. Itu sebabnya, makan secara teratur adalah satu-satunya cara meningkatkan metabolisme.

Namun jika memang Anda tetap ingin berpuasa selama hamil, untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin, pastikan untuk melakukan hal ini.

Membalikkan Hari Anda

Misalnya dengan mendapatkan tidur yang cukup di siang hari selama satu bulan dan beraktivitas di malam hari.

Istirahat yang banyak

Sementara saat puasa Anda tidak diizinkan untuk minum air, jadi hemat energi Anda sebanyak yang Anda bisa. Istirahat yang banyak dan jangan membuat gerakan yang tidak perlu.

Jangan Bekerja Terlalu Keras

Usahakan sebentar bekerja pada siang hari dan dilanjutkan pada malam hari setelah tubuh mendapat asupan makanan dan energi kembali diperoleh.

Komplikasi Kehamilan

Jika Anda memiliki komplikasi kehamilan seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau anemia, maka secara medis tidak dianjurkan bagi Anda untuk berpuasa. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2013597/ibu-hamil-boleh-berpuasa-tapi