Kamis, 11 Juli 2013

Hindari Lemak, Cindy Herin Lancar Berpuasa Tanpa Sakit Perut

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Gangguan pencernaan sering muncul di bulan puasa jika seseorang tidak memperhatikan pola makan. Putri Wirausaha Kreatif 2013, Cidy Herin Adisa Handatary (21 tahun) punya kiat untuk menghindari sakit perut selama menjalankan puasa.

"Sejauh ini alhamdulillah belum pernah kena penyakit apapun. Buka puasa, makanannya nggak yang terlalu berlemak," tutur Cindy tentang kiat berpuasanya saat ditemui di Kantor Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Jl Imam Bonjol Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2013).

Menghindari makanan berlemak cukup efektif menangkal gangguan pencernaan. Para ahli kesehatan saluran cerna pun menganjurkan, menu makan untuk sahur maupun berbuka hendaknya tidak banyak mengandung lemak maupun santan karena bisa memicu gangguan pencernaan.

Selebihnya, dara kelahiran Sumatera Utara yang pernah menjadi Gadis Palembang 2010 ini tidak memiliki tips khusus dalam menjaga kesehatan selama puasa. Pola makan secara umum tidak banyak berubah, termasuk dalam menyiapkan santap sahur.

"Aku kalau sahur makannya dikit, tapi minum susu. Itu saja bedanya, minum susu atau teh manis," kata Cindy.

Kebiasaan Cindy untuk tidak makan berlebihan saat sahur ada benarnya. Makan secukupnya justru membuat beban lambung tidak terlalu berat sehingga risiko gangguan pencernaan bisa dikurangi. Terlebih bagi yang punya kebiasaan tidur setelah sahur, tidak makan berlebihan bisa mencegah naiknya asam lambung.

Namun pilihan teh manis di pagi hari kurang menguntungkan karena gulanya terlalu mudah diserap sehingga cenderung cepat lapar. Meski demikian, Cindy mengaku selama ini pencernaannya tidak pernah bermasalah. Kalaupun hari ini tidak berpuasa, itu lebih disebabkan oleh alasan lain.

"Oh, nggak kalau hari ini aku lagi dapet," katanya sambil tersenyum.

(up/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2e7733f6/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A70C10A0C1951590C229860A70C7750Chindari0Elemak0Ecindy0Eherin0Elancar0Eberpuasa0Etanpa0Esakit0Eperut/story01.htm