Selasa, 23 Juli 2013

Hand Sanitizer Baik, Tapi Lebih Baik CTPS!

INILAH.COM, Jakarta- Mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer memang bisa membunuh kuman, namun ini tidak 100% melenyapkan kuman dari tangan. Terbaik adalah mencuci tangan dengan sabun di atas air mengalir.

"Hand sanitizer memang bisa membunuh kuman, tapi tanpa air mengalir ini kan artinya kuman tetap tinggal di tangan kita, artinya kuman masih ada di sekitar tangan kita," ujar Eksekutif Kesehatan Umum Unilever Indonesia Foundation, dokter Leo Indarwahono usai acara Rayakan Hari Anak Nasional, Lifebouy Dukung Pemerintah Wujudkan Anak Indonesia Sehat, Cerdas, Tangguh dan Mandiri di Kidzania, Jakarta, kemarin (22/7).

Dia melanjutkan, ini yang juga berbahaya ketika kuman masih ada di sekitar tangan kita. "Kan kita juga tidak tahu, apakah kuman itu sudah mati atau mungkin belum semuanya mati."

Karenanya yang lebih baik, dokter Leo menegaskan, adalah terus membudayakan mencuci tangan dengan sabun dan di atas air yang mengalir. Sabun yang membunuh kuman kemudian air lah yang akan meluruhkannya dari tangan.

Leo menjelaskan, sabun akan membunuh kuman pada tangan dalam waktu 10 detik. Namun demikian dia menyarankan agar mencuci setidaknya 20 detik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sementara penggunaan cairan pembersih tangan, Leo menyarankan, agar digunakan pada saat-saat darurat dan tidak menemukan air mengalir atau sabun. Namun dia mengingatkan, agar ini tidak dijadikan pengganti sabun.

"Hand sanitizer itu bukan subtitusi (pengganti) dari sabun. Pada saat mendadak jika ingin makan, tidak ada sabun, ya, pakai `hand sanitizer` tidak masalah agar bakteri di tangan mati," ujarnya.

Sementara dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional 23 Juli yang jatuh hari ini, Lifebouy terus menggalakkan kepedulian terhadap pentingnya kesehatan anak Indonesia. "Karena anak yang sehat adalah kunci utama menciptakan generasi yang unggul dan investasi terhadap sumber daya manusia," ujar Eva Arisuci Rudjito, Marketing Manager Skin Cleansing PT Unilever Indonesia Tbk. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2013134/hand-sanitizer-baik-tapi-lebih-baik-ctps