Minggu, 21 Juli 2013

Gelar Batik Nusantara 2013, Inovasi Batik Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Selama lima hari, terhitung tanggal 17 hingga hari ini, Minggu, 21 Juli di Jakarta Convetion Center, JCC, Senayan, Jakarta, berlangsung Gelar Batik Nusantara (GBN) 2013. Acara yang diselenggarakan Yayasan Batik Indonesia merupakan acara rutin tahunan yang berlangsung sejak 1996.

Kali ini GBN bertema Innoquality yang menampilkan inovasi-inovasi baru yang berkualitas di bidang perbatikan Indonesia. Acara pembukaannya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang digelar kolaborasi antara Twilite Orchestra yang dipimpin Addie MS dengan peragaan busana Parang Kencana.

Kali ini, perhelatan GBN menjadi istimewa dengan adanya ikon-ikon batik dalam tata saji dan interior dari Istana Kepresidenan Istana Cipanas, Istana Mangkunegara, Batik Nusantara, Batik Jawa, Batik Danar Hadi, Batik Tuban, Batik Insana, Grand Batik Joop Ave, dan beberapa perajin atau usaha kecil menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Pada GBN 2013 ini, Yayasan Batik Indonesia memberikan penghargaan kepada lima pengrajin batik, yaitu RAY Suparmi Martawi, Musyafa'ah, Enung NH Kamaludin, Painem, dan Lailani Lathifah serta penghargaan orang muda berbakat kepada B.R. Ay Atika Purnomowati dan Komaruddin Kudiya.

Yayasan Batik juga memberikan penghargaan Kriya Pustaka kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Bambang Yudhoyono serta Ardiyanto Prananta.

Melalui GBN 2013, Yayasan Batik Indonesia berupaya mewujudkan visi dan misinya dalam upaya mendorong berkembangnya kemampuan para perajin atau pengusaha batik, termasuk para pecinta dan seniman. GBN 2013 diharapkan berperan dan menjadi salah satu bagian dari puncak peristiwa budaya Indonesia.

GBN bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan batik Indonesia agar selalu mendapat perhatian para perajin, pengusaha batik dan masyarakat sehingga pengakuan yang diberikan UNESCO pada batik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2010 sebagai warisan budaya tetap dapat dipertahankan.

HADRIANI P 

Baca berita lain
Pria Metroseksual Makin Banyak
Cerita Batik Nelson Mandela
Karir Dian Pelangi dari Busana Boneka Barbienya

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/21/110498242/Gelar-Batik-Nusantara-2013-Inovasi-Batik-Indonesia